Cirebon Simulasi Pengawalan Atlet Asian Games

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 22 May 2018 12:21 WIB
asian games 2018
Cirebon Simulasi Pengawalan Atlet Asian Games
Kapolresta Cirebon (Kiri) saat melakukan simulasi pengawalan atlet Asian Games 2018. Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Polresta Cirebon memulai simulasi pengawalan atlet Asian Games yang akan berlaga di gelanggang di Bendungan Rentang, Majalengka, Jawa Barat. Walaupun Cirebon tidak menjadi tuan rumah dalam ajang tersebut, namun Cirebon menjadi tempat menginap para atlet.

Simulasi berlangsung mulai dari pengamanan di tempat penginapan hingga pengawalan atlet hingga venue di Majalengka. Polresta Cirebon diwajibkan panitia memastikan sejumlah standar.

"Dari tempat menginap hingga venue, tidak boleh lebih dari 40 menit,” ujar Kapolresta Cirebon, AKBP Roland Ronaldy di Cirebon, Selasa 22 Mei 2018.

Perjalanan atlet tidak boleh melebihi standar waktu yang ditetapkan. Sebab, fisik atlet dikhawatirkan terpangaruh perjalanan.

Pihak Polres Cirebin sudah pernah mencoba simulasi pengantaran atlet ke venue di Majalengka tanpa pengawalan. Alhasil, perjalanan dari tempat penginapan hingga venue, memakan waktu lebih dari satu jam.

Pada simulasi kali ini, Polresta Cirebon memaksimalkan peran Patroli Pengawalan (Patwal) untuk bisa melakukan pengosongan jalur. Rute yang diambil dalam pengawalan tersebut, yaitu Hotel penginapan, menuju Tol Plumbon dan keluar Tol Kertajati dan diteruskan menuju lokasi venue. Hasilnya, perjalanan bisa ditempuh dengan waktu 39 menit.

Polresta Cirebon akan terus memaksimalkan target waktu yang ditentukan oleh panitia penyelenggara. Pihaknya tidak mau menjadi kambing hitam jika atlet kalah bertanding.
 
Kepolisian juga berupaya memetakan kendala dan ancaman sepanjang perjalanan. "Kendala yang perlu diwaspadai, yaitu pergerakan pengguna sepeda motor," ujar Roland.

 


(SUR)