Proyek Terminal Terpadu Depok Habiskan Rp1,3 T

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 31 Jul 2018 18:16 WIB
transportasi
Proyek Terminal Terpadu Depok Habiskan Rp1,3 T
Terminal sementara Kota Depok di Depan Stasiun Depok Baru. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Depok: Pembangunan Terminal Metro Starter Kota Depok, Jawa Barat, akan dimulai 6 Agustus 2018. Pemerintah Kota Depok menggelontorkan dana kurang lebih Rp1,3 triliun, untuk membangun terminal modern tersebut. Besaran anggaran pun telah dilaporkan ke Badan Keuangan Daerah.

"Ini merupakan kerjasama antara Pemkot Depok dengan kami sebagai pihak swasta. Seperti diketahui, karena dana dari pemerintah terbatas diperbolehkan pihak swasta untuk berinvestasi dalam bentuk kerjasama," kata salah satu Direksi PT Andika Investa, Sumarsono Hadi, di Terminal Terpadu, Margonda, Depok, Jawa Barat, Selasa 31 Juli 2018. 

Dia menjelaskan, pembagunan terminal akan difokuskan ke sarana prasarana yang modern. Sejalan dengan perkembangan teknologi dan transportasi, seperi pelayanan aksesibilitas dan ruang tunggu dengan pendingin ruangan. 

Menurutnya, proyek pembangunan Terminal Terpadu Kota Depok telah sejalan dengan program Kementerian Perhubungan yakni memudahkan masyarakat dalam bertrasnportasi. 

"Kemenhub kan sudah memiliki BPTJ, yang mensinkronkan seluruh moda transportasi baik Laut, udara, darat dan kereta. Sehingga, masyarakat akan dimudahkan ketika berganti moda," paparnya.

Terminal Metro Starter akan berbasis Transit Oriented Development. Dia menerangkan, dengan begitu tak hanya warga Depok yang bakal merasakan perubahan moda transportasi melainkan jabodetabek. 

"Masyarakat Jabodetabek nantinya bisa menaruh kendaraan di sini, lalu kemana - mana naik KRL," urainya.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Depok Dadang Wihana menuturkan, pihaknya telah mensterilisasi Terminal Terpadu Kota Depok dalam dua hari terakhir. Angkutan dialihkan sementara ke depan Stasiun Depok Baru.

"Karena akan segera dilaksanakan pembangunan itu maka terminal harus steril keseluruhan," ucapnya.

Baca: Terminal Terpadu Kota Depok Dipindah Sementara


(LDS)