'Kamar Sel Mewah Novanto Warisan Narapidana Sebelumnya'

P Aditya Prakasa    •    Minggu, 16 Sep 2018 14:43 WIB
sidak lapaslembaga pemasyarakatan
'Kamar Sel Mewah Novanto Warisan Narapidana Sebelumnya'
Kepala Lapas Sukamiskin Bandung Tejo Harwanto. Medcom.id/P. Aditya Prakasa

Bandung: Belum lama ini beredar sebuah foto dan video yang menampilkan kamar sel mewah terpidana korupsi Setya Novanto di Lapas Sukamiskin, Bandung, Jawa Barat. Foto tesebut viral ke berbagai media sosial setelah Ombudsman RI inspeksi mendadak (sidak) ke dalam Lapas Sukamiskin.

Foto itu memperlihatkan kamar Setya Novanto yang tak tampak seperti kamar di penjara pada umumnya. Mulai dari tempat tidur, dinding kamar, lantai yang dilapisi kayu, dan toilet seperti sebuah kamar hotel.

"Kalau memang terlihat mewah, memang itu kamarnya (Setnov) dilapisi oleh kayu plywood," kata Kepala Lapas Sukamiskin Bandung, Kota Bandung, Minggu, 16 September 2018.

Tejo mengatakan kamar sel yang ditempati Setya Novanto memiliki dinding yang rapuh sehingga perlu dilapis. Pemasangan kayu pelapis tersebut dilakukan narapidana yang menempati kamar sel tersebut sebelum Setya Novanto.

Namun, dia tak mengetahui napi yang menempati kamar tersebut sebelumnya. "Itu dulu berdampak apabila hari hujan, itu dinding itu rapuh rembes, tapi dilakukan (dipasang) oleh masing-masing warga binaan pemasyarakatan. Aturannya memang tidak boleh, menambah mengurangi bentuk ruangan itu tidak boleh," ucap dia.

Baca: Lapas Sukamiskin Bantah Istimewakan Terpidana Korupsi

Tejo meminta bentuk kloset tidak kembali menjadi perdebatan. Dia mengatakan pemasangan kloset duduk merupakan hal yang wajar.

"Kloset jongkok ini ada keuntungannya, karena orang-orang lansia 60 sampai 70 persen penghuni lapas ini berusia lebih dari 50 tahun, jadi kesulitan (untuk pakai kloset jongkok)," kata dia.

Tejo membantah apabila fasilitas kamar luas dan kloset jongkok ‎hanya ditempati oleh para penjabat yang menjadi narapidana korupsi. Menurut dia, beberapa narapidana umum ada juga yang menempati kamar-kamar yang luas tersebut.

"Semua tipikor dan pidana umum sama. Karena yang di cek hanya, Pak Setnov, Nazzarudin, Pak Wawan. Coba cari yang lain, kan sama," ucap dia.

Foto sel Lapas Sukamiskin yang kontras dengan sel Setya Novanto juga beredar di media sosial. Foto itu menampilkan sebuah kamar sel Lapas Sukamiskin yang berukuran lebih kecil dan sempit.


(SUR)