KPAI Identifikasi Korban Lain Guru Cabul di Depok

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 11 Jun 2018 16:01 WIB
pencabulan
KPAI Identifikasi Korban Lain Guru Cabul di Depok
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Depok: Komisi Perlindungan Anak Indonesia (KPAI) mengambil langkah preventif menanggapi kasus pencabulan guru terhadap belasan murid di Depok, Jawa Barat.

"Jangka pendek sesegera mungkin memastikan rehabilitasi korban, disepakati ada beberapa psikolog dari P2TP2A Depok dan Fakultas psikolog UI dalam bentuk pengabdian masyarakat," ungkap Ketua KPAI Susanto saat ditemui di Mapolresta Depok, Senin, 11 Juni 2018.

Pihaknya juga memastikan akan mengidentifikasi terkait adanya korban lainnya. KPAI khawatir korban yang tidak teridentifikasi dan direhabilitasi akan berdampak buruk di kemudian hari.

"Baik dampak personal maupun yang lainnya," tuturnya.

Sedangkan untuk jangka panjang, KPAI akan segera membahas dengan Wali Kota Depok mengenai rekruitmen pengajar. Penyaringan guru, honorer, dan PNS, harus ketat.

"Kami harapkan ini kasus pertama dan terakhir jangan ada kasus lain," tandasnya.

Susanto menegaskan, kepala sekolah tempat terjadinya kasus seharusnya sudah mengetahui kasus tersebut sejak awal. Deteksi dini kasus-kasus di lembaga pendidikan ada di tangan pihak manajemen.

Komisioner Bidang Pendidikan KPAI Retno Listyarti mengatakan, pihaknya akan kembali melakukan pendalaman kasus tersebut setelah libur lebaran.

"Kita akan kembali mendalami kasus ini berkoordinasi dengan dinas pendidikan," paparnya.


(SUR)