Pemkab Cirebon tak Soal Wilayahnya Dimekarkan

Ahmad Rofahan    •    Rabu, 12 Sep 2018 14:24 WIB
pemerintah daerahpemekaran daerah
Pemkab Cirebon tak Soal Wilayahnya Dimekarkan
Bupati Cirebon, Sunjaya Purwadisastra. Medcom.id/Rofahan

Cirebon: Calon Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil berencana akan memekarkan sejumlah wilayah di tingkat kabupaten/kota di Jawa Barat. Sebanyak 12 daerah telah menjadi target pemekaran salah satunya Kabupaten Cirebon.

Bupati Cirebon Sunjaya Purwadisastra, tak mempersoalkan jika wilayahnya dimekarkan. Dia mempersilakan Ridwan Kamil untuk melakukan rencana tersebut.

“Sah-sah saja, silakan dilaksanakan,” kata Sunjaya, Rabu, 12 September 2018.

Baca: Ridwan Kamil Programkan Pemekaran Daerah

Sunjaya mengatakan, Gubernur Jawa Barat memiliki wewenang terkait dengan rencana pemekaran tersebut. Oleh karena itu, dirinya sebagai bupati, akan mendukung langkah pemerintah Jawa Barat jika nanti yang dimekarkan adalah wilayah Cirebon sendiri.

“Tentu akan mendukung program-program pemerintah daerah yang lebih tinggi,” kata Sunjaya.

Wilayah Timur Cirebon ( WTC ) merupakan wilayah bagian timur Kabupaten Cirebon. Wilayah ini sudah menggagas pemekaran sejak 15 tahun yang lalu. Adanya rencana Ridwan Kamil memekarkan wilayah, disambut baik oleh Komite Pemekaran Cirebon Timur (KPCT) yag sejak lama mengawal kebijakan ini.

“Untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat dan pembangunan yang kompetitif, pemekaran memang salah satu solusinya,” kata Ketua Litbang KPCT Adang Juhandi. 


(ALB)