Pemkot Depok Dapat Bantuan 200 Beronjong untuk Cegah Longsor

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Selasa, 13 Nov 2018 15:27 WIB
bencana longsor
Pemkot Depok Dapat Bantuan 200 Beronjong untuk Cegah Longsor
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal.

Depok: Balai Besar Sungai Ciliwung Cisadane (BBWSCC) memberi bantuan 200 beronjong kepada Pemkot Depok guna mengantisipasi terjadinya longsor di wilayah Depok, Jawa Barat. Bantuan tersebut diharapkan bisa mencegah jatuhnya korban jiwa akibat longsor.

"Tadi saya sudah dapat beberapa gambaran dari beberapa Kabid, Kabid SDA dan Pemeliharaan Jalan dan Jembatan, nanti ada bantuan beronjong dari BBWSCC sebanyak 200 beronjong," kata Wakil Wali Kota Depok Pradi Supriatna, Selasa, 13 September 2018.

Pradi menjelaskan, beronjong tersebut akan diletakkan di perlintasan sungai yang rawan longsor. Namun Pradi tidak merinci sungai mana saja yang akan diletakkan beronjong.

"Enggak bisa dipungkiri wilayah-wilayah yang menjadi perlintasan sungai ini kita waspadai. Risiko untuk longsor itu bisa kapan saja terjadi. karena memang ini sudah bulan-bulannya, curah hujan tinggi, debit air tinggi," jelas Pradi.

Sementara itu Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kota Depok, Manto mengungkapkan, rata-rata longsor terjadi karena turap tidak mampu menahan debit air. Ditambah lagi banyak bangunan berdiri di atas garis sepadan sungai (GSS) maupun tebing.

"Ini menyebabkan beban yang ada di atasnya bertambah sehingga kekuatan tanah berkurang," beber Manto.

Menurut pantauannya, dari awal musim penghujan untuk wilayah Kota Depok titik banjir berkurang namun titik longsor bertambah. Manto menghimbau, warga agar tidak mendirikan bangunan di jalur GSS.

"Jika tanah labil maka akan menyebabkan longsor. Kami mengimbau agar jangan lagi mendirikan bangunan diatas GSS," pungkas Manto.


(DEN)