Empat Warga Depok Terseret Longsor saat Main Catur

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 12 Nov 2018 08:54 WIB
bencana longsorbencana banjir
Empat Warga Depok Terseret Longsor saat Main Catur
Material warung yang terseret longsor dan jatuh ke dalam kolam di Depok, Jawa Barat. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno

Depok: Tanah longsor kembali terjadi di wilayah Depok, Jawa Barat, pada Minggu, 11 November 2018. Longsor kali ini melanda wilayah Perumahan Bukit Cengkeh, Tugu Kecamatan, Cimanggis, Kota Depok.

Longsor ini terjadi di dekat kolam renang Tirta Sunden sekitar pukul 16.00 WIB. Air Sungai Kali Laya meluap akibat hujan deras dan menggerus tanah tempat berdirinya sebuah warung kopi dan pos warga.

Empat orang warga yang sedang bermain catur terseret tanah ambles.

"Warung kopinya ambruk, ke bawah kebetulan di belakang dua bangunan itu kolam renang Tirta Sunden," ucap Ketua RW 1 Perumahan Bukit Cengkeh, Slamet Riyadi kepada Medcom.id.

Slamet menuturkan, empat warga yang terbawa longsor selamat dengan luka. Korban langsung dievakuasi dan diberikan penanganan medis.

Sementara Eki, salah satu korban, mengalami luka di bagian kaki dan dada. Dia menyebut longsor terjadi begitu cepat.

"Saya memang lagi main catur sama teman-teman, eh tiba-tiba, bruk. Langsung ambruk ke bawah. Seperti gempa rasanya," bebernya.

Darman, pemilik warung, hanya bisa meratapi nasib saat tempat usahanya hancur terbawa longsor.

"Tadi sempet dengar bunyi seperti kegeser, saya melangkah keluar. Tiba-tiba ambles warung saya terbawa longsor," tandasnya.

Rudi, warga Perumahan Bukit Cengkeh, menduga insiden tersebut terjadi karena ada pengerjaan proyek saluran air di belakang bangunan yang ambruk.

"Air banjir yang meluap itu enggak ketampung drainase. Lagi pengerjaan," kata dia.

Beruntung, kata Rudi, anak-anak yang biasa berenang di kolam renang sudah naik saat hujan. Dia tidak bisa membayangkan jumlah korban jika ada anak-anak yang masih bermain di kolam saat longsor terjadi.


(SUR)