Pencemaran Kali Bekasi Akan Dilaporkan ke Menteri LHK

Antonio    •    Jumat, 19 Oct 2018 20:06 WIB
pencemaran sungai
Pencemaran Kali Bekasi Akan Dilaporkan ke Menteri LHK
Busa memenuhi aliran Kali Bekasi, Jumat 28 September 2018, Medcom.id - Antonio

Bekasi: Kali Bekasi kembali tercemar meskipun sudah ada sejumlah perusahaan yang disegel di Kota Bekasi maupun di bantaran Sungai Cileungsi, Kabupaten Bogor. Kondisi air di kali tersebut tampak diselimuti busa dan juga mengeluarkan bau tidak sedap.

Eva, penjual makanan di bantaran Kali Bekasi, mengatakan, kondisi tersebut telah terjadi selama tiga hari kebelakang. “Iya berubah warna, yang makan di sini juga pada mengeluh,” kata dia di Bekasi, Jumat 13 Oktober 2018.

Senada, warga lainnya, Imam, menyatakan kondisi air yang tercemar limbah sudah terjadi sejak beberapa waktu kebelakang. “Tapi hari ini agak berkurang daripada kemarin,” tuturnya.

Wali Kota Bekasi, Rahmat Effendi mengatakan, pencemaran yang terjadi di Kali Bekasi merupakan hal yang serius dan perlu mendapat perhatian semua pihak.

“Kota Bekasi sebagai korban, kita sangat tegas dengan persoalan ini. Kalau untuk pabrik yang di wilayah Kota Bekasi, jika ketahuan langsung bisa kita cabut izinnya, dan pernah juga kita segel,” katanya. 

Namun, sambung Rahmat, jika pabrik yang mencemari berada di wilayah Kabupaten Bogor pihaknya hanya dapat berkirim surat ke pemerintah setempat.  “Ya ini harus diselesaikan bersama, provinsi dan pusat juga harus melihat kondisi ini,” ujarnya.

Dirinya berencana untuk menemui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, Siti Nurbaya Bakar supaya permasalahan limbah di Kali Bekasi cepat tertangani.
“Dalam waktu dekat ini, kami akan menemui ibu Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia, agar permasalahan limbah ini cepat tertangani,” tutupnya.



(RRN)