Banjir Kolong Tol JORR karena Kontur Tanah Rendah

Antonio    •    Senin, 10 Dec 2018 19:36 WIB
musim hujanbencana banjir
Banjir Kolong Tol JORR karena Kontur Tanah Rendah
Kolong Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR) di Bekasi, Jawa Barat, yang kerap dilanda banjir, Senin, 10 Desember 2018. Antonio/Medcom.id.

Bekasi: Pemerintah Kota Bekasi bakal menggandeng Polres Metro Bekasi Kota untuk pencegahan banjir di Jalan KH. Noer Ali Kalimalang atau tepatnya di kolong Tol Jakarta Outer Ring Road (JORR).

Wakil Wali Kota Bekasi, Tri Adhianto mengatakan, banjir di kolong Tol JORR disebabkan kontur tanah yang rendah. Sehingga, kondisi tersebut sangat bergantung pada pompa yang telah dipasang.

"Air itu enggak bisa jalan sendiri ke dalam sungai, harus dipompa," kata Tri di Bekasi, Jawa Barat, Senin, 10 Desember 2018.

Tri menjelaskan, yang selama ini menjadi persoalan yakni keterlambatan untuk menyalakan pompa. Sedangkan, untuk pompa yang lama tidak digunakan relatif menyedot sampah ketika difungsikan.

"Sedotan itulah yang kemudian tertutup. Nah harusnya memang kemudian ada petugas yang kemudian mengangkat sampahnya itu, baru bisa jalan (pompa berfungsi optimal)," jelas Tri.

Tri menyatakan, pompa yang terpasang di lokasi tersebut memang dapat berfungsi otomatis menggunakan sensor. Pada saat otomatis tidak berfungsi, harus ada petugas yang hadir dan menyalakan pompa tersebut.

"Nah inilah yang kemudian harus kita buatkan satgas bersama antara pemerintah kota dengan polres metro bekasi. Mana dulu lah yang dateng ke lokasi (petugas dari Pemkot maupun Polrestro Bekasi Kota) sehingga untuk sama-sama jagain nih si pompa, gitu," tutur Tri.

Diketahui Jalur Kalimalang di Kolong Jembatan Tol JORR dari arah Jakarta, Kota Bekasi kerap terendam air sekitar 30 sampai 40 centimeter. Hal itu pun kerap menyebabkan puluhan sepeda motor yang nekat melintas di jalan satu jalur tersebut hingga akhirnya mogok.


(DEN)