Pohon Tumbang Ganggu Perjalanan KA Sukabumi-Bogor

Rizky Dewantara    •    Kamis, 06 Dec 2018 22:15 WIB
Puting Beliung di Bogor
Pohon Tumbang Ganggu Perjalanan KA Sukabumi-Bogor
Ilustrasi Perjalanan kereta dari Stasiun Batu Tulis, Bogor. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Kereta Api Pangrango Tujuan Sukabumi-Bogor mengalami keterlambatan akibat terhatan di Stasiun Maseng lantaran ada batang pohon yang menghalangi rel kereta. Ini dampak dari angin puting beliung yang melanda Bogor, Jawa Barat, Kamis, 6 Desember 2018 sore tadi.

"Perjalanan KA Pangrango hanya tertunda, karena kami harus mengevakuasi batang pohon yang menghalangi perlintasan kereta api karena. Tepatnya di KM 8, Stasiun maseng menuju Stasiun Batu Tulis," Kata Kepala Stasiun Batu Tulis Joko Sugianto saat ditemui di Stasiun Batu Tulis Bogor, Jawa Barat, Kamis, 6 Desember 2018.

Stasiun Batu Tulis yang terletak di wilayah Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, Jawa Barat juga terkena dampak terjangan angin puting beliung yang menghancurkan bangunan stasiun dan mengganggu perjalanan Kereta Api Indonesia (KAI). Pantauan di lokasi, Stasiun Batu Tulis yang terletak di Kecamatan Bogor Selatan mengalami kerusakan cukup parah pada bagian atap, bahkan bagian dalam kantor digenangi air akibat atap yang bocor.

Ia memaparkan, jadwal normal keberangkatan KA Pangrango dari Stasiun Maseng pukul 17:20 WIB dan sampai di Stasiun Bogor pukul 17:40 WIB. Akibat adanya gangguan perlintasan, KA Pangrango tertunda selama 40 menit di Stasiun Maseng.

Meski demikan, ia menyatakan, akibat bencana alam angin puting beliung, tak hanya menghancurkan bangunan fisik Stasiun Batu Tulis. Listrik di stasiun juga mengalami pemadaman. Hal ini berakibat pada terganggunya penjualan tiket kereta api di stasiun.

Baca: Puluhan Rumah di Bogor Rusak Diterjang Puting Beliung

"Sampai saat ini kami belum bisa melayani pembelian tiket hingga listrik hidup kembali," tutupnya. 





(DMR)