Bawaslu Tangsel Bidik Parpol yang Main Dana Kampanye

Farhan Dwitama    •    Minggu, 06 Jan 2019 10:46 WIB
dana kampanyepemilu serentak 2019
Bawaslu Tangsel Bidik Parpol yang <i>Main</i> Dana Kampanye
Ilustrasi Medcom.id/ Mohammad Rizal.

Tangerang: Badan Pengawas Pemilu kota Tangerang Selatan, sedang menganalisa Laporan Sumbangan Dana Kampanye (LSDP) yang telah disampaikan semua partai politik peserta Pemilu 2019.

Komisioner Bawaslu Tangerang Selatan, Bidang Pengawasan dan Hubungan Antar Lembaga Slamet Santosa mengatakan, pihaknya akan menelusuri jejak para penyumbang dana yang diberikan kepada partai Politik.

"Analisa paling sekitar seminggu, setelah analisa selesai akan kita lakukan tracking kepada penyumbang," kata Slamet saat dikonfirmasi, Minggu, 6 Desember 2018.

Slamet menjelaskan, pihaknya tidak akan memberikan celah sedikitpun kepada partai politik yang mencoba curang. Slamet menegaskan, akan ada sanksi bagi setiap partai politik jika dana yang diperoleh tidak sesuai dengan aturan.

“Kalau hasil tracking penyumbangnya tidak sesuai akan kita rekomendasikan untuk dikembalikan ke kas negara, makanya identitas penyumbang harus jelas," jelas Slamet. 

Slamet kembali mengatakan, Bawaslu juga akan menganalisa penggunaan dana kampanye tersebut. Jika tidak sesuai antara jumlah dana yang dimiliki dengan pengeluaran kampanye, maka pihak caleg juga akan mendapat sanksi. 

"Laporan dana kampanye dan pengeluaran tidak sesuai, kita akan incar. Setelah pemilihan, kami akan rekomendasi pembatalan jadi legislatif jika terpilih, itu tidak transparanan terhadap proses kampanye namanya," pungkas Slamet.


(DEN)