Warga Korban Banjir Garut bakal Ditampung di Rusunawa

Jaenal Mutakin    •    Jumat, 30 Sep 2016 10:49 WIB
banjir bandang garut
Warga Korban Banjir Garut bakal Ditampung di Rusunawa
Anak-anak korban banjir di Garut bermain di atas baju sumbangan, Ant - Wahyu Putro A

Metrotvnews.com, Bandung: Arus banjir bandang menyeret ratusan rumah warga di Garut, Jawa Barat. Hingga berita ini dimuat, Jumat 30 September, mereka masih berada di pengungsian karena belum dapat menempati rumah masing-masing.

Gubernur Jabar Ahmad Heryawan atau Aher mengatakan akan menampung sebagian warga yang kehilangan rumah di rusunawa milik Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemenpu Pera). Rusunawa berlokasi di Desa Mangkurakyat, Kecamatan Cilawu, Kabupaten Garut.

Aher mengatakan rusunawa itu menyediakan 98 unit. Namun 60 unit sudah ditempati. 

"Rusunawa ini memiliki sumber air bersih dari PDAM Tirta Intan Garut. Saya harap keputusan ini mendapat dukungan dari berbagai pihak," kata Aher.

Selama korban dievakuasi ke rusunawa, pemerintah akan mengkonservasi area sekitar Sungai Cimanuk. Sepekan lalu, sungai meluap lantaran tidak bisa menampung air hujan yang turun dengan deras.

Presiden Joko Widodo juga menaruh perhatian pada warga korban banjir. Menurut Presiden, selain membantu warga yang kehilangan rumah, pemerintah juga harus menata lingkungan dan permukiman baru di daerah tersebut.

Lihat video:




(RRN)