Ratusan Bangunan Liar di Kawasan Puncak Dibongkar

Mulvi Muhammad Noor    •    Senin, 22 Aug 2016 15:30 WIB
penggusuran
Ratusan Bangunan Liar di Kawasan Puncak Dibongkar
Bangunan liar di kawasan Puncak, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, dibongkar (Foto: MTVN/Mulvi)

Metrotvnews.com, Bogor: Sejumlah anggota Satuan Polisi Pamong Praja membongkar ratusan bangunan liar di kawasan wisata Puncak, Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Senin 22 Agustus. Ini dilakukan setelah surat peringatan yang dilayangkan sebelumnya tidak digubris para pemilik bangunan.

Ratusan lapak yang dibongkar berada di sepanjang Jalan Raya Puncak, tepatnya dari simpang Taman Safari Indonesia hingga Ciburial. Beberapa di antaranya berupa banguan semi permanen yang serta dijadikan lapak pedagang makanan, bengkel, penjualan oleh-oleh, dan pangkas rambut.

Kepala Bidang Pembinaan dan Pemeriksaan Satpol PP Kabupaten Bogor Agus Ridhallah mengatakan, ada sekitar 200 bangunan yang dibongkar. Sebagian besar berupa lapak-lapak kecil bangunan semi permanen.

"Sebelumnya sudah kami sampaikan peringatan dan ada beberapa pemilik juga yang membongkarnya sendiri," kata Agus Ridhallah saat ditemui Metrotvnews.com di lokasi pembongkaran, Senin (22/8/2016).

Penggusuran kali ini, Satpol PP mengerahkan satu unit alat berat berupa eskavator. Penertiban mendapat pengawalan anggota kepolisian dan berjalan kondusif.

Agus menambahkan, pembongkaran didasarkan pada Peraturan Daerah Nomor 4 Tahun 2015 tentang Ketertiban Umum. Disamping itu, pembongkaran juga bertujuan memperlancar arus kendaraan di kawasan wisata Puncak.

"Bangunan-bangunan berada di badan jalan dan berada di atas trotoar. Dengan adanya penertiban ini kami harapkan dapat memperlancar arus lalu lintas," pungkas dia.




(TTD)