Emil Minta Dukungan Presiden soal Proyek Pembangkit Listrik Berbahan Sampah

Roni Kurniawan    •    Selasa, 01 Nov 2016 12:50 WIB
sampah
Emil Minta Dukungan Presiden soal Proyek Pembangkit Listrik Berbahan Sampah
Emil saat ditemui di SMPN 2 Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil berencana mendatangi Istana Negara di Jakarta. Ia akan melaporkan proyek pembangkit listrik tenaga sampah (PLTSa) pada Presiden Joko Widodo.

Pria yang akrab disapa Emil itu mengaku bertolak ke Jakarta pada Selasa 1 November. Emil akan melaporkan peminat pembangunan PLTSa cukup banyak.

Menurutnya, lebih 40 perusahaan berniat terlibat dalam proyek di kawasan Gedebage itu. Perusahaan berasal dari luar negeri dan juga dalam negeri.

"Saya mau melaporkan peminatnya banyak sekali ada lebih dari 40, tapi rata rata 30 adalah burning teknologi, 10 yang non-burning teknologi saya mau laporkan ke Presiden," ujar Emil saat ditemui dalam kunjungannya di SMPN 1 Bandung, Jalan Kesatriaan, Kota Bandung, Jawa Barat.

Emil mengaku akan meminta dukungan Presiden soal PLTSa. Sehingga proyek tersebut dapat segera dilakukan.

"Belum berubah (peraturan penunjukkan langsung). Kita masih bisa penunjukkan langsung. Kita yang diprioritaskan non-burning, tetap biodigester," tuturnya.

Diakui Emil, pengolahan sampah yang akan dilakukan di PLTSa nanti diharapkan bisa semua jenis sampah hisa masuk untuk diolah. Bahkan teknologi tersebut diharapkan Emil tanpa harus dipilah terlebih dahulu baik sampah basah maupun kering.

Beberapa perusahaan pun telah melakukan persentasi dihadapan Emil, seperti perusahaan dari Australia, Kanada serta beberapa perusahaan dari Asia dan Eropa lainnya.


(RRN)