Puluhan Industri TIK Ramaikan Bandung ICT Expo dan ANJA 2016

M Studio    •    Rabu, 19 Oct 2016 11:18 WIB
beasiswa osc
Puluhan Industri TIK Ramaikan Bandung ICT Expo dan ANJA 2016
Booth Huawei di ajang Bandung ICT Expo 2015 (Foto:Antara/Rachman)

Metrotvnews.com, Bandung: Setelah sukses menggelar Bandung ICT Expo 2015, pada tahun ini Telkom University (Tel-U) kembali menyelenggarakan acara serupa. Kali ini, Bandung ICT lebih semarak karena digabungkan dengan acara Apresiasi Nasional Jaringan Akses (ANJA), acara tahunan yang biasa diselenggarakan oleh PT Telkom Indonesia.

Acara Bandung ICT Expo dan ANJA 2016 ini merupakan puncak acara dari rangkaian ulang tahun ke-3 Tel-U. Bertema Digital Industries for Cultural and Natural Wisdom to Enhance Nation Competitiveness, acara ini akan berlangsung selama tiga hari yakni 19-20 Oktober 2016.

Bertempat di Telkom University Convention Hall di kawasan pendidikan Telkom, acara akan dibuka oleh Menteri Ristekdikti, Prof. H. Mohamad Nasir, Ph.D.

Menurut Ketua Pelaksana Ulang Tahun ke-3 Tel-U, Dr. Dida Diah Damayanti, tujuan penyelenggaraan Bandung ICT Expo dan Anja 2016 ini adalah untuk menjadi sarana dalam memberikan pemahaman, wawasan, dan membuka kesempatan untuk berkolaborasi di bidang ICT.

Berbagai program acara dihadirkan dalam Bandung ICT Expo dan Anja 2016 ini, antara lain:

- Pameran teknologi dan informasi komunikasi yang diikuti oleh lebih dari 50 tenants baik dari perusahaan perangkat, jaringan, dan a plikasi di bidang dan berbasis ICT.

- Kegiatan Seminar berupa dua seminar yaitu Seminar "Digital Economy" dan Seminar tahunan ANJA.

- Kegiatan Pemberian Award, antara lain FTTH Award dan Pemberian Best Indonesia e-Mark Award bagi perusahaan-perusahaan yang telah mengaplikasikan ICT bagi kemajuan bisnisnya.

- Workshop, Community Meet-Up, Creative Contest, Presentasi Produk & Talkshow, serta berbagai acara hiburan.

Bandung ICT Expo & ANJA 2016 diikuti puluhan industri ternama yang selama ini bergerak di bidang ICT, serta perusahaan-perusahaan yang sudah menerapkan ICT dalam kesehariannya. Di antaranya PT Telkom Indonesia, PT Telkomsel, Telkom Akses, Telkomsigma, MDMedia, Finnet, Patrakom, Metrasat, Infomedia, PT. Inti, Huawei, ZTE, dan PT GCI Indonesia.

Selain Menteri Ristekdikti, acara juga akan dihadiri oleh Gubernur Jawa Barat Dr. (H.C) H. Ahmad Heryawan, Lc., MSi yang sekaligus akan menjadi pembicara kunci (keynote speaker), Direktur Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika Kementrian Kominfo, Bpk. Prof. Dr. Ahmad M. Ramli, SH., MH., FCArb, dan Bupati Bandung, H. Dadang M. Nasser, S.H., M.I.P.

Rektor Telkom University Prof. Ir. Mochamad Ashari,M.Eng., Ph.D mengatakan, sejak diresmikan pada 31 Agustus 2013, Tel-U memiliki visi menjadi perguruan tinggi berkelas dunia (A World Class University) yang berperan aktif dalam pengembangan ilmu pengetahuan dan seni berbasis teknologi informasi.

"Kami sadar sepenuhnya bahwa tujuh fakultas yang ada memiliki potensi yang sangat kuat untuk menjadi modal mewujudkan visi dan misi tersebut. Keberagaman latar belakang budaya serta modal ilmu pengetahuan dan seni berbasis teknologi informasi diharapkan dapat mendorong para lulusan Telkom University dalam meningkatkan daya saing nasional," ujar Prof. Ir. Mochamad.

Oleh karena itu, melalui Bandung ICT Expo & ANJA 2016 ini, Prof. Ir. Mochamad berharap dapat menjadi salah satu momentum mendorong penguatan dunia teknologi informasi menuju kemandirian teknologi Indonesia.


(ROS)