Banjir Datang saat Siswa SMAN 9 Bandung sedang Belajar

Roni Kurniawan    •    Senin, 24 Oct 2016 16:22 WIB
bencana banjir
Banjir Datang saat Siswa SMAN 9 Bandung sedang Belajar
Sejumlah siswa SMAN 9 Bandung, Jabar, membersihkan sekolah usai diterjang banjir, Senin (24/10/2016). (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Hujan deras yang terjadi di Kota Bandung pada Senin, 24 Oktober, siang, juga mengakibatkan tanggul Sungai Citepus jebol. Sebelas ruang di SMA Negeri 9 Bandung terendam hingga mencapai satu meter.

Bangunan SMA Negeri 9 terletak di Jalan LLU Satu Suparmin 1 A, tepat berada di samping lokasi tanggul jebol. Pantauan Metrotvnews.com, sejumlah ruangan termasuk kelas tergenang. Kondisi area sekolah pun porak poranda termasuk sarana dan prasana belajar seperti komputer, buku-buku, dan lainnya.

"Ada 11 kelas yang terendam, tiga ruang multimedia, ruang guru, ruang bimbingan, perpustakaan dan ruang OSIS," ujar Pembantu Wakasek Sarana SMAN 9 Bandung, Deni Cutarna saat ditemui di lokasi kejadian.

Menurut Deni, masuknya air ke area sekolah dikarenakan benteng antara pemisah Sungai Citepus dengan sekolah jebol saat hujan deras. Sontak air pun langsung masuk ke area sekolah. Bahkan sempat menyeret beberapa kendaraan yang terparkir di depan sekolah.

"Kerusakan pasti komputer, terus buku-buku administrasi juga. Buku mata pelajaran juga semua habis tergenang air," tuturnya.

Sementara, saat ini ratusan siswa tidak bisa meneruskan kegiatan belajar pada hari ini. Mereka pun bahu membahu mengeluarkan genangan air di dalam kelas serta mengeluarkan beberapa peralatan. Sebagian siswa pun mencoba menyelamatkan buku-buku yang dinilai masih bisa diselamatkan.

Banjir di Kota Bandung juga merendam beberapa kawasan. Salah satunya Jalan Dr Djunjunan atau lebih dikenal dengan Pasteur. Kondisi jalan menyerupai sungai. (Baca: Hujan Sejam, Banjir Semeter Rendam Kawasan Pasteur Bandung)


(SAN)