Banjir Terjang Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung

   •    Sabtu, 18 Mar 2017 17:42 WIB
bencana banjir
Banjir Terjang Tiga Kecamatan di Kabupaten Bandung
Warga menembus banjir di Kecamatan Baleendah Kabupatrn Bandung 9 Februari 2017 --MTVN/Octa--

Metrotvnews.com, Bandung: Banjir akibat luapan air dari Sungai Citarum menerjang tiga kecamatan di Kabupaten Bandung, Jawa Barat, yakni Kecamatan Dayeuhkolot, Baleendah dan Kecamatan Bojongsoang, pada Sabtu 18 Maret 2017.

"Banjir dikarenakan hujan yang mengguyur sejak Sabtu subuh, pantauan kami di lapangan. Ketinggian air di tiga daerah tersebut antara 60 hingga 1,2 meter," kata Koordinator Taruna Siaga Bencana (Tagana) Kabupaten Bandung Dadang Wahidin, seperti dikutip Antara, Sabtu sore, 18 Maret 2017.

Ia menuturkan, sebelumnya pada pekan lalu banjir di tiga daerah tersebut sempat surut. Namun akibat hujan yang mengguyur kawasan Bandung beberapa hari lalu membuat banjir kembali menerjang.

"Sejak jam 3 tadi warga sebelumnya pulang ke rumah akhirnya mengungsi kembali akibat banjir hari ini," kata Dadang.

Dirinya memperkirakan saat ini ada sekitar 500 kepala keluarga (KK) yang mengungsi akibat banjir di tiga kecamatan Kabupaten Bandung tersebut.

"Perkirakan kami untuk jumlah pengungsi, sementara mungkin ada sekitar 500 KK. Kami perkirakan jumlahnya akan meningkat karena ketinggian air terus meningkat," kata dia.

Warga di tiga kecamatan tersebut, lanjut dia, umumnya mengungsi di kantor desa, masjid, hingga kantor desa. "Total untuk titik pengungsian ada 35 titik dan paling banyak itu di Baleendah yakni ada 22 titik pengungsian," ujar Dadang.



(ALB)