Wilayah Tengah dan Selatan Jabar Berpotensi Longsor

Jaenal Mutakin    •    Selasa, 22 Nov 2016 19:20 WIB
tanah longsor
Wilayah Tengah dan Selatan Jabar Berpotensi Longsor
Rambu yang menunjukkan Sumedang longsor, Ahmad Rofahan

Metrovnews.com, Bandung: Wilayah tengah dan selatan Jawa Barat berpotensi mengalami longsor. Lantaran itu, warga di wilayah tersebut diminta mengantisipasi bencana longsor yang terjadi saat cuaca ekstrem.

Kepala Seksi Darurat Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jawa Barat, Budiman, menyebutkan wilayah itu terdiri dari Kabupaten Bandung Barat, Kabupaten Bandung, Cianjur, hingga Sukabumi. Sementara di bagian selatan, longsor berpotensi terjadi di Ciamis, Tasikmalaya, dan Kuningan.

Secara geografis, dua bagian wilayah itu berupa daerah pegunungan. Saat hujan turun dengan deras, air mengikis lapisan tanah. Sementara pepohonan mulai berkurang padahal akar pohon mampu mengikat air.

Menurut Budiman, potensi itu mengancam saat masa puncak cuaca ekstrem diprediksi pada Desember. Curah hujan tinggi di akhir tahun.

"Jadi warga harus waspada karena bakal terus diguyur hujan," ungkap Budiman kepada Metrotvnews.com di Bandung, Selasa (22/11/2016).

Selain itu, Budiman juga mengingatkan warga lebih peka untuk memerhatikan lingkungan. Waspadai retakan pada tanah. Bila menemukannya, Budiman menyarankan warga melapor ke pemerintah setempat. Sehingga pemerintah dan BPBD dapat melakukan antisipasi dampak dari temuan tersebut.

Selain itu, cuaca ekstrem juga berujung pada banjir. Sebab sungai dangkal tak mampu membendung air hingga akhirnya meluap ke pemukiman.

"Misalnya, Sungai Citarum dan Sungai Cinunuk," lanjut Budiman.

Pada 2017, kata Budiman, cuaca diprediksi lebih bersahabat. Mulai Januari, intensitas curah hujan menurun. Namun, warga harus tetap waspada karena hujan masih terjadi walau tidak deras lagi.


(RRN)