Korban Banjir Cirebon Mulai Diserang Penyakit

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 27 Feb 2018 12:17 WIB
banjirbencana banjir
Korban Banjir Cirebon Mulai Diserang Penyakit
Posko kesehatan di lokasi bencana banjir Cirebon bagian timur. Foto: Medcom.id/Ahmad Rofahan

Cirebon: Sejumlah penyakit mulai menyerang para korban banjir Cirebon, Jawa Barat. Data Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon menunjukkan penyakit gatal-gatal dan pegal mendominasi keluhan korban banjir yang memeriksakan diri ke Posko Kesehatan Pengungsi.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Cirebon, Eni Suhaeni, mengatakan, dari sejumlah keluhan yang disampaikan oleh korban banjir kepada petugas kesehatan, gatal-gatal menempati urutan teratas. Keluhan selanjutnya berupa masalah otot, seperti pegal-pegal dan nyeri.
 
"Keluhan terbanyak selanjutnya, yaitu ISPA dan sakit kepala," kata Eni di Cirebon, Selasa, 27 Februari 2018.
 
(Baca: Warga Ciledug Cirebon Berkisah Baru Pertama Kali Rumah Terendam Banjir)

Dinkes Kabupaten Cirebon mendirikan lebih banyak posko kesehatan di Kecamatan Pasaleman dan Ciledug yang paling parah terkena dampak banjir. Masing-masing kecamatan didirikan tujuh posko kesehatan untuk penyintas banjir.
 
Warga paling banyak memeriksakan kesehatan di dua kecamatan tersebut. Tercatat lebih dari 2.000 warga memeriksakan diri ke posko kesehatan hingga Senin, 26 Februari 2018.

"Di Kecamatan Pasaleman ada 1.003 warga yang memeriksakan diri. Kecamatan Ciledug sekitar 1.258 warga yang sudah memeriksakan diri," kata Eni.
 
Sesuai dengan intruksi Plt Bupati Cirebon Selly Gantina. Posko kesehaan akan terus melayani warga terdampak hingga dua minggu ke depan. Eni juga memastikan obat-obatan dan kebutuhan medis lainnya terpenuhi dengan baik.

(Baca: Ribuan Rumah di Cirebon Terendam Banjir 2,5 Meter)


(SUR)