Pekan Ini, Dana Hibah Guru Honorer Bandung Cair

Roni Kurniawan    •    Jumat, 29 Dec 2017 13:18 WIB
guru
Pekan Ini, Dana Hibah Guru Honorer Bandung Cair
Seorang guru honorer melakukan proses belajar mengajar -- ANT/Syaiful Arif

Bandung: Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) Kota Bandung memastikan dana hibah bagi guru honorer akan cair pekan ini. Hal ini sekaligus menjawab kegelisahan ratusan guru honorer yang melakukan aksi terkait belum cairnya dana hibah beberapa hari lalu.

Ketua PGRI Kota Bandung Maman Suleman mengatakan saat ini Naskah Perjanjian Dana Hibah (NPDG) untuk pencairan dana hibah bagi guru honorer di Kota Bandung telah diteken Pemkot Bandung. Namun, untuk pencairan masih harus menunggu Surat Perintah Pencairan Dana (SP2D) dari Dinas Pendidikan Kota Bandung.

"Insya Allah akhir tahun ini akan cair ke rekening PGRI dan kemudian disalurkan ke rekening guru-guru honorer melalui rekening BJB," kata Maman di Bandung, Jawa Barat, Jumat, 29 Desember 2017.

(Baca: Guru Honorer di Bandung Mengadu)

Terpisah, Ketua Forum Aksi Guru Indonesia (FAGI) Iwan Hermawan menyayangkan keterlambatan pencairan dana hibah tersebut. Apalagi hal yang sama sering terulang setiap tahun.

"Seharusnya ada formulasi khusus untuk pencairan dana hibah honorer itu, jangan selalu ditunda-tunda hingga akhir tahun tiba," tegas Iwan.

Sebelumnya, ratusan guru honorer di Kota Bandung melakukan istiqosah di halaman Masjid Raya Bandung pada Rabu, 27 Desember 2017. Hal itu sebagai upaya perbaikan nasib guru honorer saat ini yang masih jauh dari standar guru terutama proses pencairan dana hibah.


(NIN)