Ada 213 Makam Pahlawan Tanpa Nama di Garut

Antara    •    Jumat, 10 Nov 2017 11:50 WIB
hari pahlawan
Ada 213 Makam Pahlawan Tanpa Nama di Garut
Ilustrasi makam pahlawan. Foto: Antara/Galih Pradipta

Garut: Sebanyak 213 makam pahlawan di Taman Makam Pahlawan Tenjolaya, Kabupaten Garut, Jawa Barat, tidak bernama. Bahkan, tidak ada keluarga yang menziarahi makam tersebut.

Petugas Taman Makam Pahlawan Tenjolaya, Dinas Sosial Kabupaten Garut, Imam Sukiman, menuturkan, ada 819 makam di lokasi tersebut. Makam yang tidak teridentifikasi itu, kata dia, bukan berarti diragukan kepahlawanannya.

Para pahlawan yang dikuburkan di Makam Pahlawan Tenjolaya sudah memenuhi kriteria kepahlawanan. "Makam pahlawan yang tidak ada namanya itu meninggal tahun 1930 sampai 1949, mereka pindahan dari makam lain, dan sudah dipastikan sebagai pahlawan," katanya, Jumat 10 November 2017.

Selain pahlawan asli Nusantara, ada tiga pahlawan berkewarganegaraan Jepang dan Korea Selatan yang dimakamkan di Taman Makam Pahlawan Tenjolaya. "Mereka membelot dan memilih ikut berjuang dengan orang Indonesia," katanya.

Ia menyebutkan, tiga pahlawan asal negara lain itu diketahui beridentitas Yang Chil Seong asal Korea Selatan, kemudian Aoki dan Hasegawa asal Jepang.

Makam pahlawan asal Korea itu, kata dia, seringkali dikunjungi keluarganya, bahkan batu nisannya dari keluarganya.

"Sesekali ada keluarganya yang datang ke sini, bahkan ada televisi dari Korea yang meliput makamnya ini," kata Imam.


(SUR)