Jalur Puncak Ditutup 10 Hari

Rizky Dewantara    •    Selasa, 06 Feb 2018 18:12 WIB
longsorbencana longsor
Jalur Puncak Ditutup 10 Hari
Dirjen Perhubungan Darat Budi Setiadi saat menjelaskan penutupan jalur ke Wakapolda Jabar Supratman. Foto: Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Direktorat Jenderal Perhubungan Darat Kementerian Perhubungan memutuskan menutup Jalur Puncak, Bogor, Jawa Barat, selama 10 hari mulai Selasa, 6 Februari 2018. Pengalihan jalur berlaku untuk seluruh kendaraan roda empat.

"Penyekatan dilakukan dari Gunung Mas, Bogor sampai Ciloto, Kabupaten Cianjur. Penutupan ini berlaku untuk kendaraan roda empat. Untuk roda dua masih bisa, tapi lihat kepentingan dan kondisinya,” ujar Dirjen Perhubungan Darat Kemenhub, Budi Setiadi, di Riung Gunung Cisarua Bogor, Jawa Barat, Selasa, 6 Februari 2018.

Kesepakatan ini diambil bersama jajaran Kepolisian Resor (Polres) Bogor, Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), dan Pusat Vulkanologi Mitigasi Bencana dan Geologi (PVMBG) saat meninjau lokasi tanah longsor di kawasan Riung Gunung, Bogor, Jawa Barat.

Kemenhub juga akan mengeluarkan payung hukum berupa regulasi Peraturan Menteri terkait penutupan jalur Puncak untuk penanganan longsor. "Saya memprediksi peraturan ini sudah bisa dikeluarkan pada Kamis, 7 Februari 2018," akunya.

Penutupan jalur Puncak bisa diperpanjang sampai batas waktu yang tidak ditentukan bila dirasa masih kurang, Kemenhub memerhatikan situasi evakuasi material sekaligus kajian kondisi tanah di sekitar lokasi longsor.


 


(SUR)