Siklon Tropis Cempaka dan Dahlia Telah Pergi

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Senin, 04 Dec 2017 12:52 WIB
tanah longsorcuaca ekstrembencana alambencana banjirsiklon tropis
Siklon Tropis Cempaka dan Dahlia Telah Pergi
Ilustrasi cuaca buruk. Foto: Antara/M Adimaja

Bandung: Sejumlah wilayah di Jawa Barat terdampak cuaca buruk yang dibawa Siklon Tropis Cempaka dan Dahlia selama sepekan belakangan. Namun, dua siklon ini dinyatakan telah meninggalkan Indonesia dan hilang.

"Mulai hari ini (4 Desember), siklon itu sudah hilang dan bergerak menjauhi Indonesia pantauan kami tengah bergerak ke arah Australia," Kepala Stasiun Geofisika dan Meteorologi BMKG Klas 1 Bandung Tony Wijaya saat dihubungi Medcom.id, Senin 4 Desember 2017.

BMKG terus melakukan pemantauan siklon tropis walau sudah meninggalkan Indonesia. Termasuk mewaspadai siklon tropis lain yang dapat terbentuk.

"Ke depan jika ada siklon tropis yang berpengaruh ke Indonesia akan diinfokan updatenya," pungkasnya.

Seiring berlalunya dua siklon yang membawa cuaca ekstrem, pendakian ke Gunung Gede Pangrango mulai dibuka. Pendakian ditutup dari 27 November 2017 hingga 3 Desember 2017.

"Saat siklon tersebut muncul, terdapat potensi angin kencang dan hujan lebat yang meningkatkan potensi bencana, sehingga wilayah yang rawan ini ditutup," bebernya.

BMKG Bandung memprediksi Jawa Barat bakal dirundung musim hujan hingga Mei 2018. Sejumlah kawasan menetapkan status siaga bencana.

 


(SUR)