Polda Jabar Siapkan Tim Cyber untuk Cegah Hoax Jelang Pilkada

Ahmad Rofahan    •    Senin, 18 Sep 2017 14:53 WIB
pilkada 2018
Polda Jabar Siapkan Tim Cyber untuk Cegah <i>Hoax</i> Jelang Pilkada
Kapolda Jabar Irjen Agung Budi Maryoto saat melakukan kunjungan ke Pondok Buntet Pesantren -- MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Konten berisi ujaran kebencian, hoax, dan SARA diprediksi banyak muncul menjelang Pilgub Jawa Barat 2018. Guna mengantisipasi hal tersebut, sejumlah antisipasi pun dilakukan.

Kapolda Jawa Barat Irjen Agung Budi Maryoto mengatakan, salah satu langkah yang dilakukannya adalah dengan melakukan kunjungan ke sejumlah tokoh masyarakat untuk mensosialisikan tentang kamtibmas (kemaman dan ketertiban masyarakat). Ia juga menyapkan tim khusus untuk mencegah beredarnya hoax.

Tim khusus yang dimaksud Agung tersebut bertugas memantau berbagai informasi hoax yang berpotensi meresahkan masyarakat. "Sudah pernah kita lakukan (penangkapan) terkait aksi ujaran seperti itu," kata dia saat Pondok Buntet Pesantren di Cirebon, Jawa Barat, Senin 18 September 2017.

Agung memprediksi, hoax akan banyak muncul setelah adanya penetapan pasangan calon oleh Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD). "Berbeda itu boleh saja, karena hak semua warga, yang penting bisa jaga kondisinya agar tetap aman," lanjutnya.

Menurut Agung, saat ini pihaknya masih belum bisa memetakan wilayah rawan yang harus mendapat perhatian khusus. "Kalau sudah ditetapkan pasangan calon dari KPUD, baru kita petakan wilayah mana saja yang rawan," tutupnya.


(NIN)