Pemkot Bandung Janji Bersihkan Lautan Sampah Besok

Roni Kurniawan    •    Rabu, 05 Jul 2017 18:56 WIB
sampah
Pemkot Bandung Janji Bersihkan Lautan Sampah Besok
Seorang warga memilah sampah di lapangan yang berada di Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal, Kota Bandung, Rabu 5 Juli 2017. (Metrotvnews.com/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Pemerintah Kota Bandung, Jawa Barat bakal mengerahkan ratusan petugas gorong-gorong dan kebersihan (gober) untuk mengeruk tumpukan sampah di RW 10 Kelurahan Cibangkong, Kecamatan Batununggal.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kota Bandung Salman Fauzi menargetkan pembersihan dimulai Kamis, 6 Juli 2017. Pasalnya petugas cukup kesulitan untuk mengangkut tumpukan sampah tersebut karena terkendala akses.

"Kondisinya kurang memungkinkan untuk dibereskan sore ini," kata Salman di lokasi, Rabu 5 Juli 2017.

Dia bilang, jalan menuju hamparan sampah cukup sempit untuk dilalui truk. Besok, pihaknya akan mengangkut sampah dengan bak kontainer dengan sepeda motor. Jumlah petugas yang dilibatkan sebanyak 200 orang.

Lahan yang mendadak jadi pembuangan sampah di Cibangkong dulunya merupakan lapangan sepak bola. Ketiadaan tempat pembuangan akhir, membuat warga menaruh sampah di areal itu. 

Menurut Ketua RW 10 Joko Suprapto, tanah seluas 6.800 meter persegi itu milik salah satu perusahaan pengembang. Namun, tak dipelihara.

"Dulunya sekeliling lapang ini ditutup. Tapi malahan jadi tempat buang sampah dari mana-mana. Yang lewat main lempar-lempar saja sampahnya," urai dia.

Joko mengaku permohonan membuat TPS belum direalisasi oleh pihak kelurahan. Lurah Cibangkong, Jana Surjana, mengaku kesulitan membuat TPS karena minim lahan terbuka di wilayah RW 10.

Untuk itu, DLHK akan menempatkan dua kontainer di wilayah tersebut. Tujuanya, agar warga tak lagi membuang sampah di lapangan.

"Nanti sampah-sampai di kontainer akan rutin diangkut oleh petugas PD Kebersihan," tandas Salman.


(SAN)