Pembangunan Bandara Kertajati Ditarget Selesai Juni 2018

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 04 Apr 2018 15:14 WIB
bandara
Pembangunan Bandara Kertajati Ditarget Selesai Juni 2018
Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB), Kecamatan Kertajati, Majalenka, Jabar. (Medcom.id/Octa Octavianus Dwi Sutrisno)

Majalengka: Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB) di Kecamatan Kertajati, Kabupaten Majalengka, Jawa Barat, ditarget selesai pada Juni 2018. Pembangunannya saat ini pun segera rampung. 

"Untuk sisi darat telah mencapai 91,07 persen, sedangkan untuk sisi udara telah selesai 100 persen," ujar Kepala Biro Komunikasi dan Informasi Publik Baitul Ihwan di area BIJB di Majalengka, Rabu, 4 Maret 2018. 

Baitul memaparkan sisi darat BIJB dilengkapi dengan terminal penumpang seluas 92 ribu meter persegi. Bandara ini nantinya akan dikelola PT Angkasa Pura II Persero. 

"Pada 22 Januari 2018 lalu telah ditandatangani perjanjian kerja sama atau PKS Penyelenggaraan Jasa Kebandarudaraan di Bandara Internasional Jawa Barat antara Pemprov Jawa Barat, PT Bandara Internasional Jawa Barat dan PT Angkasa Pura II,” tambahnya.  

Baca: Bandara Kertajati Bisa Digunakan untuk Keberangkatan Haji

Dia mengungkap Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi bakal meninjau progres BIJB hari ini. Kelak, tambah Baitul, BIJB bakal menjadi bandara embarkasi haji asal Jabar. 

"Jadi calon jemaah haji asal Jawa Barat akan berangkat dari Bandara Kertajati. Saat ini keberangkatannya masih dari Bandara Soekarno-Hatta,” bebernya.

BIJB  memiliki landas pacu atau runway berukuran 2.500 x 60 meter dan akan diperpanjang menjadi 3.000 x 60 meter. Dengan begitu, BIJB bisa didarati pesawat jenis Boeing 737,  747, dan 777.

Selain itu juga terdapat apron berukuran 576 x 151 meter persegi. Apron mampu menampung sebanyak 10 pesawat berbadan lebar.

Baca: Presiden Pastikan Bandara Kertajati Beroperasi Pertengahan 2018

Rencananya Bandara Kertajati akan melayani 14 rute penerbangan, terdiri dari 10 rute penerbangan domestik dan empat rute penerbangan internasional. Selain melayani penerbangan ke Arab Saudi untuk umrah dan haji, akan dibuka rute Singapura, Kuala Lumpur, Malaysia dan Bangkok, Thailand.

Sedangkan untuk rute domestik akan menuju kota-kota besar di antaranya, Medan, Bali, dan Surabaya. Sementara saat ini beberapa maskapai penerbangan yang sudah berkomitmen untuk membuka rute ‎penerbangan di Bandara Kertajati adalah Citilink, Qatar Airlines, Sriwijaya.


(LDS)