APBD Kota Bekasi Dikhawatirkan Defisit Rp900 Miliar

Antonio    •    Selasa, 04 Sep 2018 19:19 WIB
apbd
APBD Kota Bekasi Dikhawatirkan Defisit Rp900 Miliar
Kantor Pemerintah Kota Bekasi. Medcom.id/Antonio

Bekasi: Anggaran Pendapatan dan Belanja Daerah (APBD) Kota Bekasi Tahun 2018 yang mencapai Rp5,6 triliun disebut defisit sekitar Rp900 miliar. Hal itu diungkapkan Ketua Komisi I DPRD Kota Bekasi, Chairoman J Putro.

Chairoma memperoleh informasi defisit anggaran berjalan dari Penjabat Wali Kota Bekasi sebelumnya, Ruddy Gandakusumah. Defisit itu akan menjadi kendala utama dalam pembahasan APBD Perubahan untuk merumuskan penyelesaian persoalan anggaran.

"Kita belum tahu persisnya. Angka yang sempat muncul dengan eksekutif beberapa waktu yang lalu, Rp900 miliar," kata dia di Bekasi, Jawa Barat, Selasa, 4 September 2018.

Kendala utama dalam pembahasan APBD perubahan akan berkaitan dengan cara penyelesaian defisit. Jika eksekutif tak mampu menggenjot anggaran, mau tidak mau harus ada efesiensi di berbagai sektor.

Sisa Lebih Pembiayaan Anggaran (SILPA) negatif mencapai Rp800 miliar pada 2017. Namun, hal itu sudah diselesaikan Pemkot Bekasi.

Untuk defisit anggaran pada tahun ini, ia mengaku belum tahu apa penyebabnya. "Apakah karena kesalahan di 2017 itu terulang kembali dimana eksekutif atau Pemkot Bekasi itu tidak mampu mengendalikan pengeluaran belanja sementara uangnya belum ada. Atau ada faktor lain," ujarnya.


(SUR)