Galeri Iptek Inovasi Dibangun di Kabupaten Tangerang

Hendrik Simorangkir    •    Kamis, 04 Oct 2018 13:35 WIB
puspiptek
Galeri Iptek Inovasi Dibangun di Kabupaten Tangerang
Menristek Dikti meletakkan batu pertama batu pertama (groundbreaking) pembangunan GIPTI di Kabupaten Tangerang, Kamis 4 Oktober 2018, Medcom.id - Hendrik

Tangerang: Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Menristek Dikti) Mohamad Nasir menghadiri acara peletakan batu pertama (groundbreaking) pembangunan Galeri Ilmu Pengetahuan Teknologi Inovasi (GIPTI) di kawasan BSD City, Pagedangan, Kabupaten Tangerang, Banten. GIPTI merupakan proyek kolaborasi antara Pusat Penelitian Ilmu Pengetahuan dan Teknologi dengan Sinar Mas Land.

Nasir mengatakan proyek itu sebenarnya digagas sejak tahun 1980-an. Proyek itu bertujuan membangun kawasan technopolis sebagai pusat penelitian serta pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologi (iptek).

"Juga sebagai pusat pengembangan produk-produk nasional, pusat pertumbuhan kewirausahaan berbasis teknologi melalui inkubasi, pusat informasi iptek, serta pusat pelatihan bagi SDM Industri," kata Nasir di lokasi, Kamis, 4 Oktober 2018.

Kegiatan itu dihadiri Kepala Puspiptek Sri Setiawati dan CEO Strategic Land Sinar Mas Land Christopher Siswanto Adisaputro. Menurut Siswanto, proyek itu merupakan bentuk dukungan Sinar Mas di sektor teknologi dan riset.

"Semoga kolaborasi ini dapat semakin mendukung BSD City yang tengah bertransformasi menjadi integrated smart digital city dan juga sedang menggarap proyek kawasan Digital Hub dengan berharap bisa menciptakan peluang bagi pihak lintas sektor," jelas Siswanto. 

Rencananya proyek pembangunan GIPTI rampung pada April 2019. Galeri itu dapat dimanfaatkan mulai Juni 2019.


(RRN)