Ridwan Kamil Berbagi Tips untuk Caleg NasDem Jabar

Roni Kurniawan    •    Minggu, 09 Sep 2018 09:52 WIB
partai nasdempileg
Ridwan Kamil Berbagi Tips untuk Caleg NasDem Jabar
Ridwan Kamil saat acara pembekalan terhadap calon legislatif Partai NasDem asal Jawa Barat di Grand Mercury Hotel, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Sabtu 8 September 2018.

Bandung: Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil menghadiri acara pembekalan bagi para calon legislatif dari Partai NasDem yang akan bertarung di Pileg 2019 mendatang. Bahkan Emil membagikan cara jitu berkampanye, seperti strateginya di Pilgub Jabar 2018 lalu.

Emil pun membeberkan jurus jitu untuk berkampanye saat acara pembekalan terhadap para calon legislatif asal Jabar di Grand Mercury Hotel, Jalan Setiabudi, Kota Bandung, Sabtu 8 September 2018.

"Saya siap membantu kader NasDem di Jawa Barat. Gunakanlah cara yang gampang untuk berkomunikasi dengan rakyat. Berikan senyuman, rangkul mereka. Dengan cara itu pasti rakyat juga senang," kata Emil.

Berkampanye tidak harus menggelontorkan dana yang besar guna mendulang dukungan dari masyarakat. Cara pintu-ke-pintu atau sering diskusi dengan warga dinilai lebih efektif dan hemat biaya.

"Saya dulu pas nyalon jadi Wali Kota Bandung, anggaran saya sepersepuluh calon lainnya. Tapi upaya saya berhasil karena selalu terjun langsung dan sapa warga," cerita Emil.

DIa juga melakukan hal yang sama saat keliling Jawa Barat. Dia menyempatkan waktu untuk bertemu langsung meski jarak tempat satu ke tempat lain berjauhan.

Pola kampanye menggelontorkan dana besar namun memanfaatkan pihak lain untuk bersosialisasi tak akan efektif. Bahkan Emil mengajak kader NasDem untuk lebih sering menggunakan media sosial untuk berkampanye. Tentunya dengan menyampaikan pesan-pesan yang positif.

"Gunakan Facebook, Twitter, Instagram untuk berkampanye dengan konten-konten kreatif. Dan itu saya lakukan, saya merasa tidak punya media, jadi pakailah media sosial. Itu gratis dan mudah," ungkapnya.


(SUR)