Pemprov Siapkan Dana Bangun Tol Cisumdawu ke BIJB

Antara    •    Kamis, 23 Aug 2018 11:38 WIB
jalan tol
Pemprov Siapkan Dana Bangun Tol Cisumdawu ke BIJB
Salah satu area pembangunan terowongan di Jalan Tol Cisumdawu, sumber foto Metro TV

Bandung: Jalan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) akan menjadi jalur akses ke Bandara Internasional Jawa Barat (BIJB). Pemerintah Provinsi Jabar pun menyediakan dana pembebasan lahan untuk jalur tersebut.

Sekretaris Daerah Pemprov Jabar Iwa Karniwa mengatakan alokasi anggarannya kurang lebih Rp60 miliar. Pemprov, lanjut Iwa, menargetkan pembangunan jalan tol rampung pada Desember 2018.

"Jalan tol itu juga mengarah ke Pantura," kata Iwa usai membuka Rapat Pembahasan Rencana Pengembangan Jalan Tol Dalam Kota Bandung di Ruang Rapat Papandayan Gedung Sate Bandung, Kamis, 23 Agustus 2018.

Penjabat Gubernur Jabar H M Iriawan berharap pembangunan Tol Cisumdawu rampung sesuai target. Iriawan mengatakan tol tersebut merupakan proyek nasional. Namun Pemprov Jabar dan Pemkab Sumedang akan mendukung pembangunan jalan tol itu.

"Ada beberapa seksi untuk Cisumdawu, yang jelas target 2020 harus selesai, jadi tahapan- tahapan terus dilakukan baik oleh Pemerintah maupun Swasta sehingga kita harapkan sesuai dengan target," kata dia.

Tol Cisumdawu  merupakan sebuah ruas jalan bebas hambatan sepanjang 61,6 kilometer. Tol memiliki terowongan (Tunnel) sepanjang 472 meter dengan diameter 14 meter.

Pembangunan tol terdiri dari enam seksi, antara lain Seksi I Cileunyi-Rancakalong, Seksi II Rancakalong-Sumedang, Seksi III Sumedang-Cimalaka, Seksi IV Cimalaka-Legok, Seksi V Legok-Ujung Jaya, dan Seksi VI Ujung Jaya-Dawuan.

Pembangunan Cisumdawu, dikerjakan oleh Pemerintah yang bekerjasama dengan Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Seksi I dan II dikerjakan oleh pemerintah, sedangkan Seksi III-VI diambil oleh BUJT.

Lihat video:
 


(RRN)