Sepuluh Tersangka Dibekuk dari Pabrik PCC

Farhan Dwitama    •    Senin, 06 Aug 2018 19:55 WIB
pil maut pcc
Sepuluh Tersangka Dibekuk dari Pabrik PCC
Rumah yang memproduksi PCC di Cipondoh, Tangerang, digerebek, Senin 6 Agustus 2018, Medcom.id - Hendrik

Tangerang: Polisi menangkap 10 tersangka saat menggerebek rumah yang menjadi pabrik pengolahan Paracetamol Caffeine Carisoprodol (PCC). Penggerebekan dilakukan di sebuah rumah milik warga bernama Tarlani di Kelurahan Kenangan, Kecamatan Cipondoh, Kota Tangerang, Banten, Senin, 6 Agustus 2018.

Kapolres Kota Bandara Soekarno-Hatta Kombes Victor Togi Tambunan menerangkan selain Tarlani, polisi menangkap sembilan tersangka lain. Mereka berinisial AN, AB, DK, IR, SY, SL, RM, AR dan MY.

"Peran masing-masing pelaku ada yang bertugas sebagai distributor dan produksi bahkan ada yang mencari relasi untuk jaringan baru," ungkap Victor dalam gelar perkara di Polres Kota Bandara Soekarno-Hatta Tangerang.

Pengungkapan bermula saat petugas mencurigai kiriman paket di Terminal Kargo Bandara Soekarno-Hatta pada 12 Juli 2018. Setelah diperiksa, paket berisi PCC.

Paket, ujar Victor, sedianya dikirim ke Makassar. Namun pengiriman gagal.

Petugas lantas menyusuri pengiriman paket. Polisi lalu menemukan sebuah rumah yang memproduksi PCC. 

Rumah produksi beroperasi di awal 2018. Pemilik rumah mengelabui tindakan tersebut dengan menyatakan usahanya membuat jamu.

Tindakan tersebut diungkap. Polisi menyita barang bukti berupa 3.175.000 butir atau 1,2 ton PCC. Nilai barang tersebut kurang lebih Rp9 miliar.


(RRN)