Peladen PPDB Online di Bekasi Sempat Down

Antonio    •    Rabu, 04 Jul 2018 15:05 WIB
PPDB 2018
Peladen PPDB Online di Bekasi Sempat <i>Down</i>
Suasana di Kantor Dinas Pendidikan Bekasi. (Foto: Antonio)

Bekasi: Peladen atau server laman Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) online di Kota Bekasi, Jawa Barat, sempat tidak dapat diakses sejak Selasa, 3 Juli 2018 malam. Walhasil, calon peserta didik dan orang tua tidak dapat melihat hasil seleksi PPDB online sampai pagi tadi, sekitar Pukul 11.00 WIB, Rabu 4 Juli 2018.

Orang tua salah satu calon peserta didik di SMP Negeri 3 Kota Bekasi, Halimah, mengatakan hal itu membuat dia datang ke sekolah untuk memastikan hasil seleksi.

Menurut dia, hasil seleksi itu penting dilihat untuk mengetahui apakah anaknya diterima di sekolah tersebut. 

"Saya sudah daftar kemarin siang. Sorenya saya cek hasilnya masih muncul. Tapi pas malam saya cek lagi tetap data yang siang kemarin itu. Tadi paginya saya cek juga masih sama," kata dia di Bekasi, Rabu, 4 Juli 2018.

Warga lainnya, Saeful Bahri, juga mengalami hal serupa. Tapi, ia baru mendaftar sekitar pukul 08.30 WIB. Dirinya mengecek situs PPDB online setiap lima menit sekali untuk melihat nama anaknya.

"Tapi selepas daftar tidak muncul di hasil seleksi. Kalau dilihat dari nilai, harusnya anak saya masuk," ujarnya.

Menanggapi hal itu, Kepala Dinas Informasi dan Komunikasi Kota Bekasi, Titi Masrifahati, mengatakan tidak ada gangguan peladen. Kegagalan akses, kata Titi, karena peladen yang melemah. Namun hanya berlangsung satu jam. 

"Tiga hari ini baru ada kendala itu saja tidak bisa update atau lihat hasil, tapi kurang dari satu jam sudah bisa ditangani," katanya.

Ia mengimbau agar masyarakat tidak khawatir. Pihaknya akan menangani persoalan tersebut dengan cepat.

"Kalau error-nya di sistem itu kita langsung ke Telkom tapi kalau di jaringan itu baru tugasnya Diskominfo," ujarnya.



(LDS)