Obor Asian Games Bakal Keliling Kota Menuju Istana Bogor

Rizky Dewantara    •    Selasa, 07 Aug 2018 13:22 WIB
asian games 2018
Obor Asian Games Bakal Keliling Kota Menuju Istana Bogor
Rapat persiapan yang digelar di Paseban Sri Bima, Balai Kota Bogor, Jawa Barat. Medcom.id/Rizky Dewantara

Bogor: Torch Relay Asian Games 2018 akan melintas di Kota Bogor 14 Agustus 2018 mendatang. Pemerintah Kota (Pemkot) Bogor bersama unsur musyawarah pimpinan daerah (Muspida) lainnya terus mempersiapkan arak-arakan dan rute yang akan dilalui obor.

Rapat dihadiri Wali Kota Bogor Bima Arya dan Sekretaris Daerah Kota Bogor Ade Sarip Hidayat bersama sejumlah kepala dinas dan perwakilan unsur Muspida. Rapat juga dihadiri Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) beserta sejumlah sponsor.

Konsep dimatangkan mulai dari total jarak tempuh, komposisi para pelari, pelari pengiring hingga keamanan

Director Ceremony Indonesia Asian Games Organizing Committee (INASGOC) Herti Paulina Purba mengatakan, rangkaian kegiatan Torch Relay Asian Games di Kota Bogor akan dimulai dari serah terima di lokasi terminal sementara di Kawasan Wangun, Kecamatan Bogor Selatan, Kota Bogor, setelah dibawa rombongan dari Kabupaten Cianjur.

"Nanti ada 16 orang  yang membawa obor, empat dari muspida, 12 tokoh nasional termasuk selebriti dan atlet. Nanti akan membawa obor bergantian sepanjang 10 kilometer ke titik akhir Istana Bogor," papar dia, di Balai Kota Bogor, Selasa, 7 Agustus 2018.

Bima Arya mengatakan, pimpinan Muspida akan memulai sebagai torch bearer mulai dari Museum PETA di Jalan Jenderal Sudirman hingga api obor tiba di Balai Kota untuk diinapkan selama semalam.

"Rencananya pelari pertama dari titik ke 13 itu Pak Dandim dari Museum PETA sampai ke Tugu Kujang. Setelah itu, saya akan membawanya sampai ke depan pintu utama Istana Bogor. Dari sana akan dibawa oleh Pak Kapolresta atau Pak Dandenpom, nanti masih akan dibicarakan lagi. Baru setelah itu keluar melalui pintu dua istana dan menuju ke Balai Kota," terangnya.

Dalam persiapan membawa obor Asian Games 2018, ia mengaku, tidak ada persiapan khusus dengan berlari sejauh 10 kilometer, karena dirinya sudah biasa berlari.

Titik awal Rute Torch Relay Asian Games di Bogor berada di depan Rumah Dinas Wali Kota Bogot melintas Jalan Pajajaran mengarah ke Warung Jambu. Iring-iringan lewat Jalan Ahmad Yani hingga terus ke rute sebelumnya yaitu Museum PETA lantas ke arah Jalan Jalak Harupat, Jalan Pajajaran ke arah Tugu Kujang, melintas ke Jalan Otista baru kemudian ke Jalan Juanda untuk selanjutnya masuk ke Istana Bogor.
 


(SUR)