Kasatgas Nusantara Ajak Masyarakat Ciptakan Suasana Sejuk

Antonio    •    Selasa, 29 May 2018 08:50 WIB
terorismepilkada 2018Ramadan 2018
Kasatgas Nusantara Ajak Masyarakat Ciptakan Suasana Sejuk
Kasatgas Nusantara Irjen Pol Gatot Eddy Pramono di Bekasi, Jawa Barat, Senin 28 Mei 2018. (Medcom.id/Antonio)

Bekasi: Menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2918, pada 27 Juni 2018, masyarakat diingatkan untuk saling menjaga situasi damai dan aman. Sekain itu masyarakat diminta untuk menjaga keamanan, setelah sejumlah aksi teror beberapa waktu lalu di Surabaya dan Mapolda Riau.

"Di samping itu kita juga menyampaikan pesan-pesan Kamtibmas untuk menjaga situasi yang aman, damai dan sejuk selama Pilkada 2018 ini dan tahapan pilpres yang juga sudah mulai bersamaan," kata Kasatgas Nusantara Irjen Pol Gatot Eddy Pramono, di Bekasi, Jawa Barat, Senin malam, 28 Mei 2018.

Edy mengatakan, pihaknya mengimbau masyarakat untuk bersama-sama menjaga wilayah dari aksi dan pelaku teror. Karena, menjaga keamanan bukan hanya pekerjaan polisi. Melainkan perkerjaan bersama. 

Dia mengimbau masyarakat, untuk waspada terhadap orang baru yang masuk ke lingkungan masyarakat. RT dan RW diminta mencatat orang baru yang masuk ke wilayahnya masing-masing untuk dilaporkan ke Kepala Desa, Babinsa dan Bhabinkamtimas. 

"Ini salah satu langkah pencegahan tindakan terorisme di wilayah masing-masing. Sistem keamanan keliling juga diaktifkan," imbuhnya.

Edy berharap, supaya masyarakat pro aktif dan peduli dengan lingkungannya. Pasalnya, kata dia, pelaku terorisme ingin mendirikan negara. 

"Jangan terlalu individualistis. Ini tantangan kita bersama. Tantangan terhadap Negara Kesatuan Republik Indoesia," ujarnya.

Kendati demikian, ia berharap supaya masyarakat tetap tenang dan jangan terlalu khawatir.  "Tapi masyarakat enggak usah takut lah. Polri mampu kok menangani itu. Kita jamin kegiatan masyarakat aman dari para terorisme itu," tutupnya.


(LDS)