Bekerja di Suriah, TKW asal Cirebon Hilang Kontak sejak 2008

Ahmad Rofahan    •    Kamis, 15 Sep 2016 13:10 WIB
tkw
Bekerja di Suriah, TKW asal Cirebon Hilang Kontak sejak 2008
Kerabat menunjukkan sejumlah dokumen agar dapat mendapat kabar dari Sukarni yang bekerja di Suriah, MTVN - Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Sukarni dilaporkan hilang di Suriah. Sejak bekerja sebagai asisten rumah tangga di negara konflik itu, Sukarni tak pernah mengabari keluarganya di Desa Susukan, Kabupaten Cirebon.

Sukarni berangkat ke Suriah sebagai tenaga kerja wanita (TKW) pada 2009. Ia berangkat melalui PT Bakhtiar Ikhwan di Bogor. 
 
“Sejak berangkat, belum ada kabar sama sekali tentang kondisi dia,” kata Karyadi, paman Sukarni, di Cirebon, Kamis (15/9/2016).
 
Karyadi mengaku sudah melaporkan permasalahan yang menimpa keponakannya tersebut ke sejumlah instansi pemerintahan. Ia sudah mendatangi Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Kabupaten Cirebon, perusahaan, hingga Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI). Namun upayanya itu nihil.

Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Cirebon, Taspin, menuturkan, sudah mendapat kabar soal Sukarni. Pihaknya juga sudah melaporkan permasalahan tersebut ke BNP2TKI. Namun hingga saat ini belum ada perkembangannya.
 
Taspin berharap, ada bantuan dari berbagai pihak, untuk bisa membantu pencarian terhadap Sukarni.
 
“Kami minta bantuan kepada semua pihak, untuk bisa menemukan Sukarni," ujar Taspin.



(RRN)