Jaga Istana Presiden, Status Polres Bogor Kota Naik

Mulvi Muhammad Noor    •    Jumat, 07 Oct 2016 19:34 WIB
kepolisian
Jaga Istana Presiden, Status Polres Bogor Kota Naik
Kapolda Jabar Irjen Pol Bambang Waskito. Foto: Metrotvnews.com/Mulvi

Metrotvnews.com, Bogor: Kepolisian Daerah Jawa Barat mengubah status Kepolisian Resor Bogor Kota satu level lebih tinggi. Pengubahan tersebut dilakukan untuk meningkatkan pengamanan protokoler presiden di Istana Kepresidenan Bogor.

Upacara peningkatan status diselenggarakan di lapangan utama polres setempat dan dipimpin Kapolda Jawa Barat Irjen Pol Bambang Waskito. Peningkatan status membuat Polres Bogor Kota menjadi Polresta Bogor Kota.

Kapolda Jabar mengatakan peningkatan ini dilakukan berdasarkan surat keputusan yang dikeluarkan Kapolri setelah adanya sejumlah penilaian dan pertimbangan beberapa faktor.

"Dilihat dari segala aspek yang merupakan tugas pokok kepolisian, memang di Polres Bogor Kota sudah selayaknya dipimpin seorang kombes (komisaris besar)," ujar Bambang usai memimpin upacara, Jumat (7/10/2016).

Ia menambahkan, intensifnya aktivitas Presiden Joko Widodo di Istana Kepresidenan Bogor menjadi salah satu pertimbangan. Peningkatan status diperlukan untuk memobilisiasi sejumlah kebijakan Polri dalam mendukung berjalannya tugas kepolisian yang maksimal di Kota Bogor.

Pemenuhan kebutuhan administrasi dan sarana prasanana di Polresta Bogor Kota akan dilakukan secara bertahap. Polres ini akan mulai dipimpin perwira polisi berpangkat komisaris besar pada Januari 2017.

"Kami tahu Istana Bogor di situ, bapak Presiden setiap harinya di situ bersama keluarga. Sehingga perlu penguatan-penguatan," kata dia.

Polresta Bogor Kota merupakan Polresta kedua di Jawa Barat yang dinaikkan statusnya setelah Polrestabes Bandung. Wilayah hukum Polresta Bogor Kota mencakup enam polsek di enam kecamatan di Kota Bogor dengan jumlah personel sekitar 1.300 orang.


(UWA)