Sniper Muslim Cyber Army Ditangkap

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Kamis, 01 Mar 2018 19:47 WIB
hoax
<i>Sniper</i> Muslim Cyber Army Ditangkap
Ilustrasi sosial media, Medcom.id - M Rizal

Bandung: Polda Jawa Barat membekuk seorang warga di Tasikmalaya terkait penyebaran berita bohong di grup media sosial Facebook, Muslim Cyber Army (MCA). Polisi memastikan pelaku berinisial FS itu sebagai anggota kelompok 'The Family MCA'. 

Direktur Reserse Kriminal Umum (Direskrimum) Polda Jawa Barat Kombes Umar Fana menjelaskan tengah mengembangkan kasus tersebut. FS, kata Umar, berperan sebagai sniper.

Baca: Penyebar Hoaks Isu PKI dan Penganiayaan Ulama Ditangkap

"Kalau lihat dari profil, ini dia benar dari anggota MCA walaupun menggunakan global MCA. Sniper di sini maksudnya yang bersangkutan sebagai pengumpan foto," ujar Umar di Mapolda Jabar, Kota Bandung, Kamis, 1 Maret 2018.

FS mengaku mendapat sejumlah foto dari internet terkait berita yang ia sebar terkait penangkapan di Pondok Pesantren Cipasung Tasikmalaya beberapa waktu lalu. Ia lalu memajang foto-foto itu di Facebook. 

Polisi lalu menyatakan FS menyebarkan pernyataan yang menimbulkan kekawatiran. "Dia menyebarkan situasi yang tak sesuai fakta sebenarnya." lanjut Umar.

Kemarin, Polres Tasikmalaya menyelidiki laporan dari warga soal penyebaran berita bohong di grup Facebook MCA. Polisi lalu menangkap FS di Kecamata Cikalong, Kabupaten Tasikmalaya.



(RRN)