Angkot Cirebon Segera Bebas Biaya KIR dan Izin Trayek

Ahmad Rofahan    •    Selasa, 03 Oct 2017 16:08 WIB
taksi onlinetransportasi berbasis aplikasi
Angkot Cirebon Segera Bebas Biaya KIR dan Izin Trayek
Sekda Kota Cirebon, Asep Dedi. Foto: MTVN/Ahmad Rofahan

Metrotvnews.com, Cirebon: Angkutan Kota di Kota Cirebon, Jawa Barat, bakal dibebaskan dari biaya KIR dan izin trayek. Keputusan ini menjadi salah hasil kesepakatan antara sopir angkutan konvensional dan daring, yang dimediasi oleh Pemkot Cirebon dan Polresta Cirebon.

Penghapusan biaya KIR dan trayek menjadi permintaan para sopir angkot. Sebab, transportasi online tidak menggunakan izin trayek dan izin KIR.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Cirebon Asep Dedi memastikan kesepakatan tersebut akan dipenuhi. Namun, Pemkot Cirebon masih mengkaji teknis penggratisan tersebut.

“Karena ini (biaya KIR dan Trayek) kan Perda. Jadi harus kita bahas juga teknis penggratisannya. Apakah nanti disubsidi atau bagaimana,” kata Asep di Cirebon, Selasa 3 September 2017.

(Baca: Sopir Angkot Cirebon Berkukuh Mogok)

Pendapatan daerah yang dihasilkan dari uji KIR dan trayek angkot tidak begitu besar. Sehingga kalaupun nanti direalisasikan, penggratisan tersebut tidak terlalu memengaruhi pendapatan daerahnya.

Kebijakan ini merupakan usulan dari para sopir angkot yang kemudian disetujui oleh Wali Kota Cirebon, Nasrudin Azis. Penggratisan ini bertujuan untuk membantu para pengusaha angkot bisa bersaing lebih sehat dengan angkutan daring yang tak dikenakan pajak seperti moda angkutan konvensional.

Penggratisan biaya KIR dan izin trayek bagi angkot di Cirebon, merupakan salah satu dari enam kesepakatan yang dihasilkan, untuk meredam adanya konflik antara angkutan konvensional dan daring. Sebelumnya, Angkot di Kota Cirebon melakukan aksi mogok selama lima hari, karena meraka menuntut transportasi daring dilarang beroperasi di Cirebon.

(Baca: Angkot Cirebon Kompak Mogok Empat Hari)


(SUR)