Mendagri Minta Wali Kota Bandung Segera Lantik Sekda

Roni Kurniawan    •    Selasa, 27 Nov 2018 17:05 WIB
pemerintah daerah
Mendagri Minta Wali Kota Bandung Segera Lantik Sekda
Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo. Medcom.id/Octavianus Dwi Sutrisno.

Bandung: Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Republik Indonesia Tjahjo Kumolo meminta Wali Kota Bandung Oded M. Danial untuk segera melantik posisi sekertaris daerah (sekda). Desakan itu dilakukan agar roda pemerintahan di Kota Bandung berjalan dengan sempurna.

Tjahjo menuturkan, surat balasan yang ditujukan ke Pemerintah Kota Bandung tidak mengalami perubahan nama yakni Benny Bachtiar sebagai Sekda Kota Bandung terpilih. Pasalnya hal itu telah diputuskan disaat Ridwan Kamil masih menjabat sebagai Wali Kota Bandung.

"Untuk sekda, saya kira siapapun wali kota kan kemarin masih Wali Kota Ridwan Kamil yang memilih, saya kira lantik dulu," ujar Tjahjo di Pussenif Kodiklat TNI AD, Jalan Supratman, Kota Bandung, Selasa 27 Novembet 2018.

Tjahjo mengatakan, Wali Kota Bandung bisa kembali mengajukan nama setelah melantik terlebih dahulu sekda yang telah dipilih dan ditetapkan sejak awal. Terlebih posisi sekda sangat penting untuk membuat berbagai kebijakan dinas termasuk menjalankan program wali kota.

"Setelah itu mau mengajukan pergantian silakan, karena apapun benar sekda itu tangan kanannya gubernur, tangan kanannya bupati/wali kota," sambungnya.

Bahkan Tjahjo mengaku telah bertemu langsung dengan Oded guna membahas polemik posisi sekda definitif yang saat ini belum dilantik. Pemkot Bandung pun sejak Februari 2018 silam diisi oleh pelaksana tugas lalu bergantian dengan pelaksana harian untuk posisi sekda.

"(Oded) nurut, tapi aturan diikuti. Dia (Oded) sudah ketemy saya kok," cetusnya.

Namun, lanjut Tjahjo, jika Oded bersikukuh tidak ingin melantik Benny dan tetap menggunakan pelaksana harian yang kini dipegang oleh Ema Sumarna, maka ia akan kembali membahas langsung dengan Oded.

"Saya kira lihat nantilah," tegasnya.



(ALB)