Komplotan Pencuri Modus Ganjal ATM Ditangkap

Antonio    •    Senin, 31 Dec 2018 15:21 WIB
kasus pembobolan dana
Komplotan Pencuri Modus Ganjal ATM Ditangkap
Empat pencuri modus ganjal mesin ATM tertunduk saat ungkap kasus di Aula Polres Metro Bekasi Kota, Senin 31 Desember 2018. Antonio/Medcom.id

Bekasi: Komplotan pencuri lintas provinsi bermodus mengganjal mesin anjungan tunai mandiri (ATM) ditangkap di Bekasi, Jawa Barat. Petugas Polres Metro Bekasi Kota menangkap empat pencuri setelah beraksi di Jatiasih, Kota Bekasi, Jawa Barat, pada Minggu, 30 Desember 2018.

Keempatnya ialah Asri Effendi (AE), 22, Nusan Ardiansyah (NS), 22, Ricki Nursandi, 26, dan Aris Iwansyah, 29. Wakapolres Metro Bekasi Kota AKBP Eka Mulyana mengatakan, mereka ditangkap di Pekayon saat hendak beraksi kembali di mesin ATM.

Penangkapan pelaku berawal dari koordinasi antara Polsek Bekasi Selatan dan pihak Bank BRI setempat karena banyak kartu ATM yang tertelan di mesin dan saldo hilang di ATM.

"Mereka sebelumnya melaksanakan empat (pencurian) di Palembang, empat di Bandung, dua di Jakarta Timur, dan tempat TKP (tempat kejadian perkara) di wilayah Bekasi Kota," kata dia di Bekasi, Senin 31 Desember 2018.

Masing–masing pelaku memiliki peran berbeda saat melancarkan aksi. AE berperan mengganjal mesin ATM menggunakan plastik tipis, NS melihat PIN dan mengambil kartu. Sementara, dua orang lainnya melakukan pengawasan di sekitar lokasi.

"Jadi setelah diganjal, ATM tertelan, tugasnya NS ini mengambil, dirusak dulu terus diambil menggunakan pinset," tutur Eka.

NS pernah masuk penjara dengan kasus yang sama setelah ditangkap di Depok dan dihukum delapan bulan. Sedangkan AE pernah ditangkap di Cipayung namun dilepas karena kurang bukti.

"Jadi dua orang ini memang orang lama. Dua orang lain, ini yang direkrut sama si AE karena satu daerah. Karena si AE ini dia yang punya ide dan dia yang kapten," kata Eka.

Pelaku dijerat Pasal 363 tentang Pencurian dengan ancaman hukuman selamanya tujuh tahun penjara.


 


(SUR)