Bandung Dapat Tawaran Bangun Jembatan Lagi seperti Overpass Antapani

Roni Kurniawan    •    Rabu, 25 Jan 2017 13:10 WIB
jembatan
Bandung Dapat Tawaran Bangun Jembatan Lagi seperti <i>Overpass</i> Antapani
Warna-warni Jembatan Pelangi Antapani Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) berencana membangun satu jembatan di Bandung, Jawa Barat, seperti Overpass Antapani. Namun Kementerian menunggu konfirmasi lokasi dari Pemerintah Kota Bandung.

Jembatan Pelangi Antapani, demikian infrastruktur yang diresmikan pada Selasa 24 Januari itu, memiliki konstruksi baja bergelombang. Pembangunan jembatan pun digadang-gadang lebih menghemat anggaran dan waktu.

Baca: Kalla Kagumi Konstruksi Jembatan Pelangi

Lantaran itu, Kementerian bermaksud membuat jembatan layang serupa di Kota Bandung. Tujuannya mengatasi kemacetan di Kota Kembang.

"Rencananya tahun ini Bandung tambah satu jembatan yang sama lagi. Tinggal menunggu dari Wali Kota (Ridwan Kamil) saja mau dipasang di mana," kata Menteri PUPR Basuki Hadimuljono seperti yang ditulis Metrotvnews.com, Rabu (25/1/2017).

Wali Kota Bandung Ridwan Kamil alias Emil mengajukan dua opsi untuk pembangunan infrastruktur serupa. Yaitu Jalan Laswi dan Jalan Garuda. Sebab, kedua lokasi itu rawan kemacetan dan kepadatan kendaraan.

"Dua-duanya kan ada simpang kereta api jadi sering macet," ujar Emil.

Emil pun berharap pembangunan jembatan bisa segera terealisasi. Namun ia masih harus berdiskusi mengenai pilihan tersebut. 

Baca: Butuh 30 Jembatan Atasi Kemacetan di Bandung

"Mudah-mudahan tahun ini sudah bisa. Nanti saya lapor ke Pak Menteri," pungkas Emil.


(RRN)