Rumah Ambruk di Cisarua, Satu Orang Tewas

Mulvi Muhammad Noor    •    Sabtu, 18 Mar 2017 18:44 WIB
bangunan ambruk
Rumah Ambruk di Cisarua, Satu Orang Tewas
Warga membantu evakuasi reruntuhan rumah di Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, yang ambruk diduga karena pondasi tidak kuat, Sabtu 18 Maret. (Foto:Istimewa/BPBDKabupatenBogor)

Metrotvnews.com, Bogor: Sebuah rumah di Kampung Pasanggrahan Rt 2/5, Kecamatan Cisarua, Kabupaten Bogor, Jawa Barat ambruk. Dua orang penghuni tertimbun. Satu diantaranya meninggal. 

Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bogor, Budi Pranowo mengatakan, peristiwa itu terjadi sekitar pukul 14:45 WIB. Dua korban yang dievakuasi dari reruntuhan bangunan langsung dibawa ke rumah sakit. 

"Korban dibawa ke UGD Rumah Sakit Paru Goenawan Partowidigdo (RSPG) Cisarua," kata Budi, Sabtu 18 Maret 2017. 

Petugas evakuasi gabungan dibantu relawan dan warga mengevakuasi salah satu penghuni yakni nenek Juaeni, 72, yang mengalami luka berat. Sementara pemilik rumah, Idin, 60, dipastikan meninggal. 

Budi menjelaskan bangunan rumah ambruk terdiri dari dua lantai. Lantai bawah digunakan untuk warung, sementara di atas merupakan ruangan kosong. 

Keluarga korban yang selamat diungsikan ke rumah sanak saudara terdekat. Petugas evakuasi gabungan pun membongkar reruntuhan bangunan, untuk memastikan tidak ada korban lain. 

Sementara itu, Kapolsek Cisarua Komisaris Sujito menjelaskan, runtuhnya bangunan tidak dipengaruhi cuaca. Saat kejadian, cuaca disekitar lokasi cukup cerah. 

"Diduga karena struktur pondasi bangunan tidak kuat," tutur Sujito. 

Saat ini evakuasi reruntuhan sudah tuntas. Petugas pun memasang garis polisi di lokasi kejadian. 


(ALB)