Karnaval Parahyangan tak akan Menghambat Perjalanan Kereta Api

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Sabtu, 26 Aug 2017 09:49 WIB
hut ri
Karnaval Parahyangan tak akan Menghambat Perjalanan Kereta Api
Gedung Sate, salah satu lokasi yang dilintasi peserta Karnaval Kemerdekaan RI, di Bandung, MTVN - Roni Kurniawan

Metrotvnews.com, Bandung: Karnaval Kemerdekaan yang rencananya akan digelar di Kota Bandung dipastikan tidak akan menghambat perjalanan kereta api. Iring-iringan karnaval yang akan dihadiri oleh Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo tersebut rencananya akan melewati perlintasan kereta api Jalan Merdeka.

Kepala Humas PT KAI, Daops 2 Bandung Joni Martinus menegaskan, apabila nantinya iring-iringan karnaval akan berpapasan dengan kereta api yang lewat maka akan dihentikan terlebih dahulu.

"Jadi tidak akan mengganggu perjalanan kereta, unit operasi sudah ikut rapat di Pemkot Bandung tadi, jadi ketika iring-iringan datang lalu berpapasan dengan kereta di pintu perlintasan maka distop dulu. Kereta melintas lanjut lagi," ucap Joni kepada Metrotvnews.com, di Kantor PT KAI Jalan Stadion Barat Kota Bandung.

Menurutnya, ada sekitar 16 kali rangkaian kereta akan melewati wilayah perlintasan kereta api Jalan Merdeka mulai pukul 14.00 WIB hingga pukul 17.00 WIB.

"Kita perhatikan di  jam tersebut, karena iringan karnaval pasti akan lewat di perlintasan kereta jalan merdeka," bebernya.

Selanjutnya, Joni menegaskan pihaknya telah menyiapkan pengamanan di tiga titik jalur perlintasan kereta api.

"Ada tiga titik yaitu jalur perlintasan kereta api Andir, Jalan Merdeka (dekat taman Vanda) , dan Jalan Braga (dekat bank mandiri). Total kita kerahkan enam polsuska tiap titik itu dijaga dua polsuska dan penjaga perlintasan kereta," paparnya.

Selain itu, pihaknya juga akan memperketat komunikasi dengan masinis yang menjalankan kereta api.

"Jadi ada pusat pengendali yang akan berhubungan (berkomunikasi) dengan masinis untuk memberikan informasi setiap pergerakan karnaval dan jalur mana yang akan dilalui," ujarnya.



(ALB)