Tim Saber Pungli Terlibat Pantau Sumbangan di Sekolah

Ahmad Rofahan    •    Jumat, 11 Aug 2017 16:51 WIB
pendidikan
Tim Saber Pungli Terlibat Pantau Sumbangan di Sekolah
Ilustrasi dana, Ant

Metrotvnews.com, Cirebon: Tim saber pungutan liar (pungli) dilibatkan dalam keputusan kebijakan sumbangan di sekolah di Jawa Barat. Itu bertujuan menghindari aksi protes dari masyarakat.

Kepala Balai Pelayanan dan Pengawas Pendidikan (BPPP) Wilayah V Jabar, Dewi Nurhulaela. mengatakan sumbangan pendidikan bukan bagian dari pungli. Sebab, keputusannya sesuai dengan kesepakatan sekolah dengan orang tua.

"Provinsi juga sudah melakukan kerjasama dengan Saber Pungli, begitu juga Kota dan Kabupaten lainnya," kata Dewi di Cirebon, Jumat 11 Agustus 2017.

Tim, lanjut Dewi, akan bertugas memantau anggaran dan penggunaannya. Bila tak sesuai, tim akan mencoret kesepakatan tersebut.

Sebelum menyepakati keputusan, Dewi mengingatkan pihak sekolah untuk membuat rencana anggaran dalam setahun. Rancangan itu kemudian akan dikaji tim Saber Pungli.

Setelah selesai dilakukan kajian oleh Saber Pungli, barulah pihak sekolah mengadakan rapat pertemuan dengan orang tua murid, terkait besaran sumbangan yang akan ditetapkan. Walaupun sudah lolos di Saber Pungli, bisa saja anggaran tersebut tidak disetujui oleh orang tua murid.

"Kalau tidak disetujui atau kegiatannya tidak dibutuhkan, jangan dipaksakan," kata Dewi.

Untuk saat ini, empat wilayah yang berada dalam naungan Balai Pelayanan dan Pengawas Pendidikan (BPPP) Wilayah V Jabar,  baru Majalengka yang sudah menyerahkan rencana anggaran tersebut ke Tim Saber Pungli diwilayahnya.


(RRN)