Sidak Kantor Camat, Emil Beri Solusi Perekaman Data e-KTP

Roni Kurniawan    •    Kamis, 08 Sep 2016 13:30 WIB
e-ktp
Sidak Kantor Camat, Emil Beri Solusi Perekaman Data e-KTP
Wali Kota Bandung Ridwan Kamil saat mendengar keluhan warga (Foto: MTVN/Roni Kurniawan)

Metrotvnews.com, Bandung: Wali Kota Bandung Ridwan Kamil inspeksi mendadak (sidak) ke sejumlah kantor kecamatan untuk memantau perekaman data kartu tanda penduduk elektronik (e-KTP), Kamis 8 September. Kegiatan itu ia lakukan menyusul keluhan warga melalui media sosial.

Pria yang akrab disapa Kang Emil itu bergegas meninggalkan Pendopo Kota Bandung, di Jalan Dalem Kaum, Kota Bandung, usai rapat dengan beberapa kepala dinas, pukul 10.00 WIB. Mengenakan kemeja putih dan peci,  Emil mengayuh sepeda menuju salah satu kantor Kecamatan Sumur, di kawasan Lombok, dekat Stadion Siliwangi, Kota Bandung.

Tiba di depan kantor Kecamatan Sumur, Kota Bandung, warga yang sedang antre untuk perekaman data e-KTP terkejut dengan kehadiran Emil. Pegawai negeri sipil (PNS) di kantor Kecamaran Sumur pun demikian.

Sebelum memasuki kantor kecamatan itu, Emil menyapa warga. "Jadi ibu-ibu bapak-bapak, nanti mah enggak usah ngantre seperti ini. Cukup daftar ambil nomor antrean dan kasih nomor HPnya ke petugas, nanti akan di SMS nomor antrean ibu bapak kebagian jam berapa-berapanya," kata Ridwan Kamil saat mensosialisasikan perekaman data e-KTP di Kecamatan Sumur, Kota Bandung, Jawa Barat, Kamis (8/9/2016).

Emil pun mendatangi kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Bandung, di Jalan Ambon. Kerumunan warga yang antre pun teralihkan saat Emil tiba. Bahkan tak sedikit warga menyampaikan keluhannya secara langsung kepada Emil terkait pelayanan dari Disdukcapil.

Emil menegaskan, untuk pelayanan perekaman data e-KTP hanya bisa dilakukan di kantor kecamatan. Hal itu diakuinya agar tidak terjadi antrean panjang di kantor Diadukcapil yang menjadi suasana baru sejak Menteri Dalam Negeri menargetkan perekaman e-KTP tuntas hingga 30 September mendatang.

"Jadi mulai hari ini, untuk perekaman e-KTP cukup di kecamatan saja untuk memudahkan dan enggak usah jauh-jauh datang ke sini (kantor Disdukcapil)," kata Emil.

Emil pun optimistis proses perekaman data e-KTP di Kota Bandung beres sesuai target Kementerian Dalam Negeri. Meski saat ini sekitar 120 ribu warga Kota Bandung belum melakukan perekaman data e-KTP.


(TTD)