Berkas 4 Tersangka Pembunuh Anggota Kopassus Diserahkan ke Kejaksaan

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Jumat, 02 Sep 2016 14:39 WIB
penusukan
Berkas 4 Tersangka Pembunuh Anggota Kopassus Diserahkan ke Kejaksaan
Ilustrasi/Metrotvnews.com

Metrotvnews.com, Bandung: Proses penyidikan kasus penganiayaan yang menewaskan anggota kopassus, Pratu Galang Surtawan, telah selesai dan dilimpahkan berkasnya ke Kejaksaan Negeri Kota Bandung, Jawa Barat.

Keempat orang tersangka tersebut yaitu RA alias Dores, MGA alias Bule, EM alias Paku, dan ERS. Berkas keempatnya telah dilimpahkan dan dititipkan ke Rutan Kebon Waru pada Kamis 1 September 2016. Sebelum dilimpahkan, mereka dititip di rumah tahanan Mako Brimob Polda Jabar di Cikeruh, Kabupaten Sumedang.

Kepala Kejari Bandung, Agus Winoto, membenarkan keempat pria yang kini berada di Rutan Kebonwaru tersebut adalah tersangka pelaku penganiayaan yang menewaskan anggota Kopassus, Pratu Galang Suryawan.

Korban meninggal saat dikeroyok pelaku di Jalan Rajawali, Kota Bandung pada Minggu 5 Juli 2016 dini hari.

Baca: Personel TNI Tewas Ditusuk Gerombolan Orang Bermotor

"Ini tersangka pelaku penganiaya anggota Kopassus yang di Jalan Rajawali. Ini pelimpahan tahap dua. Kami terima berkas dan tersangka," ungkap Agus di Kantor Kejari Bandung, Jalan Jakarta Jumat (2/9/2016).

Agus menuturkan, pihaknya akan berpegangan pada hukum dalam menyidangkan keempat tersangka itu. Para tersangka disangkakan melanggar Pasal 170 ayat (3) dan pasal 351 KUHP.

"Ancaman hukumannya 12 tahun penjara. Kami on the track saja. Ini kan perkara yang menjadi sorotan publik," ujarnya.

Sebelumnya, Anggota Kopassus Pratu Galang Suryaman meninggal dunia diduga setelah ditusuk oleh gerombolan bermotor. Anggota TNI ini sempat dilarikan ke Rumah Sakit Dustira Cimahi untuk mendapatkan perawatan, namun nyawanya tak tertolong. Sebelum kejadian, Pratu Galang baru saja bertemu temannya di Jalan Asia Afrika, Kota Bandung.


(UWA)