Jawa Barat Target Juara Umum PON XIX/2016

Dheri Agriesta    •    Kamis, 01 Sep 2016 17:27 WIB
pon 2016
Jawa Barat Target Juara Umum PON XIX/2016
Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan (Foto: MI/Rommy Pujianto)

Metrotvnews.com, Jakarta: Jawa Barat, tuan rumah Pekan Olahraga Nasional XIX/2016, tak ingin jadi penyedia tempat saja. Gubernur Jawa Barat Ahmad Heryawan berharap kontingen wilayahnya meraih gelar juara umum.

"Mudah-mudahan juara umum," kata Ahmad Heryawan di kantor Wakil Presiden, Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat, Kamis (1/9/2016).

Aher, sapaan akrab Ahmad Heryawan, mengaku telah menjanjikan sejumlah bonus untuk atlet asal Jawa Barat yang berprestasi. Namun, Aher belum mau membocorkan jumlah bonus yang akan diberikan.

PON XIX/2016 akan mempertandingkan 44 cabang olahraga. Ajang olahraga nasional itu akan memperebutkan 756 medali emas, 756 medali perak, dan 980 perunggu. Sebanyak 9.533 atlet dari seluruh Indonesia terlibat dalam PON tahun ini.

Aher optimistis, atlet asal Jawa Barat akan berjuang optimal merebut emas. Meski demikian, Aher tak ingin mematok jumlah medali emas yang harus diperoleh kontingen Jawa Barat.

"Bagi saya satu kalimat saja, juara umum," tegas dia.

PON XIX akan dibuka pada 17 September 2016 di Stadion Gelora Bandung Lautan Api, Kota Bandung, Jawa Barat. Rencananya, Presiden Joko Widodo akan membuka PON XIX/2016. Sebanyak 3.000 penari disiapkan untuk memeriahkan pembukaan perhelatan olah raga nasional itu. Aher berjanji, pembukaan ini akan menjadi pembukaan yang berkesan dibandingkan PON sebelumnya.

Jawa Barat pun telah siap menggelar pesta olahraga empat tahunan ini. Penyelenggaraan PON IXI di Jawa Barat menghabiskan dana sebesar Rp2,3 triliun. Uang itu digunakan untuk pembangunan dan perbaikan venue, termasuk sarana pendukung seperti jalan dan lainnya.

Terkait keamanan, Aher telah berkoordinasi dengan sejumlah pihak. Keamanan dengan standar internasional telah disiapkan untuk menyambut 9.533 atlet dari seluruh Indonesia. 


(TTD)