17 Ribu Personel Polda Jawa Barat Amankan PON XIX

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 14 Sep 2016 13:11 WIB
pon 2016
17 Ribu Personel Polda Jawa Barat Amankan PON XIX
Ilustrasi--Apel pasukan pengamanan (Foto: Ant/Akbar Nugroho Gumay)

Metrotvnews.com, Bandung: Sebanyak 17 ribu personel Kepolisian Daerah Jawa Barat dikerahkan untuk mengamankan pelaksanaan Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX/2016. Perhelatan olahraga empat tahunan itu akan dibuka di Stadion Utama Gelora Bandung Lautan Api (GBLA), Kota Bandung, pada Sabtu 17 September 2016.

Wakil Kepala Polda Jawa Barat Brigadir Jenderal Nana Sujana mengatakan, kepolisian akan mengamankan pelaksanaan PON 2016 bersama TNI, Satpol PP, dan Basarnas Jawa Barat.

"Kami dari bidang pengamanan ada 17 ribu personel. Kami kawal terus kegiatan ini mulai dari kirab, rute venue, sampai ke penutupan," kata Brigadir Jenderal Nana Sujana usai apel gelar pasukan pengamanan PON dan Papernas di Stadion GBLA, Gedebage, Kota Bandung, Jawa Barat, Rabu (14/9/2016).

PON XIX akan berlangsung pada 17 hingga 29 September 2016 di Jawa Barat. Pengamanan akan diterapkan dengan mekanisme terbuka dan tertutup.

"Saat pembukaan PON nanti akan menjadi atensi bagi kami. Ada sekitar 4.700 personel gabungan yang disiagakan di GBLA saat pembukaan nanti," kata dia.

Saat ditanya mengenai kemungkinan adanya teror, Nana mengaku sudah mengantisipasi hal itu. Ia akan menempatkan anggota kepolisian di lokasi penyelenggaraan PON XIX.

"Kami antisipasi dengan plotting anggota di lokasi-lokasi seperti hotel dan venue tempat kegiatan PON. Semuanya akan kami amankan. Unit Jibom (penjinakan bom) juga kami turunkan," pungkas dia.


(TTD)