112 Pohon di Kota Bogor Rawan Tumbang

Rizky Dewantara    •    Rabu, 23 Jan 2019 13:14 WIB
musim hujanpohon tumbang
112 Pohon di Kota Bogor Rawan Tumbang
Pengendara melintas di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Bogor, yang terdapat banyak pohon, Rabu (26/12). MI/PANCA SYURKANI.

Bogor: Dinas Perumahan dan Permukiman (Disperumkim) Kota Bogor melakukan pendataan terhadap seluruh pohon yang ada di wilayahnya. Dari pendataan tersebut, diketahui ada 112 pohon yang rawan tumbang.

Kepala Bidang Pertamanan Disperumkim Kota Bogor, Agus Gunawan mengatakan, secara keseluruhan Kota Bogor memiliki sekitar 14 ribu pohon. Namun baru 516 pohon yang sudah diperiksa dan teridentifikasi kesehatannya.

"Dari 516 pohon yang sudah teridentifikasi kesehatannya, ada 112 pohon rawan tumbang dan ber-KTP merah di wilayah Kota Bogor," kata Agus di kantor Disperumkim Kota Bogor, Jawa barat, Rabu, 23 Januari 2019.

Agus menjelaskan, pihaknya terus berupaya melakukan pencegahan dini terhadap pohon-pohon teridentifikasi sakit yang tersebar di sejumlah titik jalan protokol. Menurut Agus, pihaknya langsung mengambil tindakan terhadap pohon yang rawan tumbang tersebut.

"Pohon-pohon yang rawan tumbang karena tingkat keroposnya di atas 50 persen. Kami lakukan penebangan agar tidak membahayakan pengguna jalan," jelas Agus.


(DEN)