Pencuri Kabel Tembaga Rusun TOD Margonda Ditangkap

Octavianus Dwi Sutrisno    •    Rabu, 28 Nov 2018 17:44 WIB
pencurian
Pencuri Kabel Tembaga Rusun TOD Margonda Ditangkap
Ilustrasi. Medcom.id/M Rizal

Depok: Polresta Depok, Jawa Barat, meringkus kelompok spesialis pencurian kabel tembaga. Mereka beraksi di lokasi proyek pembangunan rumah susun (Rusun) Perumnas Transit Oriented Development (TOD) Margonda, Pondok Cina, Kecamatan Beji, Depok, Jawa Barat.

Kapolsekta Beji Komisaris Polisi Yeni Sihombing menuturkan, Kebo, 32, dan Andri, 27, ditangkap setelah menggondol kabel tembaga di proyek.

"Pencurian yang dilakukan kedua tersangka terekam jelas di CCTV. Bukti itu kita gunakan untuk melakukan pengejaran terhadap kedua tersangka," Ucap Yeni, Rabu, 28 November 2018.

Penangkapan keduanya bermula saat mandor proyek melaporkan kabel tembaga sering hilang. Dia menaruh curiga terhadap gerak gerik pelaku di sekitar kawasan pengerjaan pembangunan rusun.

"Setelah pemeriksaan di lokasi kejadian, kami langsung bergerak melakukan penyelidikan," tuturnya.

Petugas mengejar dan menangkap keduanya dan menemukan beberapa barang bukti. Dia antaranya kabel crane dengan sepanjang 70 meter yang diperkirakan bernilai jutaan rupiah.

"Pengakuannya, baru satu kali. Mereka masuk ke dalam wi;yah proyek dan membawa kabel dengan digotong ramai-ramai," bebernya.

Mereka menggunakan gorong-gorong untuk masuk. Pelaku membagi tugas saat beraksi, ada mengawasi situasi dan satu pelaku mencuri kabel.

Sejumlah kabel tembaga curian tersebut akan dijual ke pengepul. Namun, mereka belum sempat menikmati hasil kejahatan karena terburu diringkus petugas.

Andri dan Kebo kini telah mendekam dibalik jeruji besi Mapolsekta Beji. Kedua tersangka terancam pasal 363 KUHP dengan ancaman lima tahun penjara.

Kebo salah satu pelaku hanya bisa tertunduk saat ditanyai wartawan. Dirinya mengaku akan menggunakan hasil penjualan kabel untuk keperluan sehari-hari.

 


(SUR)